Bahasa Pemrograman, jenis-jenis dan contohnya.

Hay sobat, jika kamu orang yang interest dengan dunia programing, pengen belajar dan bergelut di dunia programaing, nah tapi bingung pilih bahasa program yang mana? hehe jangan galau, di tulisan ini kita akan bahas tentang jenis-jenis bahasa pemrograman dan contoh penggunaannya ya sob

Dekstop Programing

Pemrograman berbasis Dekstop atau Dekstop programing merupakan suatu jenis programing yang  hasil apllikasinya dijalankan pada sebuah komputer pc tanpa kepentingan online dalam sebuah jaringan internet. Contoh Software berbasis dekstop adalah Program pengolahan data di sekolah-sekolah, aplikasi sistem informasi di rumah sakit, program kasir, aplikasi text editor, dan lain sebagainya.

Kepentingan terhadap Dekstop Programing

Akhir-khir ini semakin marak orang-orang menggunakan Aplikasi berbsis mobile. Disamping itu, situs-situs web berlomba-lomba menunjukkan ke-kerenan-nya. Hal ini menyebabkan bahasa pemrograman web dan mobile menduduki pamor paling kece. Jadi, apakah dekstop porgraming tertinggal?. Eits, jangan pandang enteng dulu. Dekstop programing tetap diperlukan bahkan sangat diperlukan dalam kehidupan modern. Tanpa dekstop programing maka web programing dan mobile programing tidak akan ada. Bukankah teks editor dibuat sebagai aplikasi dekstop? Untuk aplikasi pembangun mobile programing memang dewasa ini sudah berbasis online tetapi dahulunya aplikasi-aplikasi pembangun mobile programing juga berbasis dekstop seperti Eclips dan netbean.

Selain itu, diperusahaan-perusahaan aplikasi dekstop justru menjadi kebutuhan primer. Mengapa? Contohnya seperti ini, sebuah lembaga pendidikan mengolah data siswanya dengan aplikasi dekstop sesuai kebutuhan yang ada di instansi tersebut. Alasan utama menggunakan aplikasi dekstop adalah supaya data yang diolah hanya tetap berada di dalam instansi tersebut tanpa dapat diakses pihak lain karena tidak terhubung dengan jaringan internet. Selian itu, pegawai yang bekerja di dalam kantor, hanya akan membuka sistem dalam aplikasi di komputer yang telah di instal aplikasi tersebut tanpa bisa membawanya di mobile pribadi dan mengolah datanya di rumah.

Dekstop programing Bisa berjalan di dalam jaringan

Meskipun aplikasi yang dibangun hanya dapat dijalankan dan diakses di sebuah PC, namun aplikasi dekstop bisa dihubungkan dalam sebuah jaringan lokal. Hal ini biasanya dilakukan untuk efisiensi kerja di dalam sebuah lembaga. Tujuan dasarnya agar pengolahan data pada sebuah divisi yang membutuhkan informasi dari divisi lain dalam sebuah kantor tidak harus sharing data secara manual. Misalkan pada sebuah bagian data stok brang, membuatuhkan nama suplayer yang belum mengantar pesanan, admin stok barang bisa mengambil data itu dari divisi database suplayer. Nah tetapi walau demikian, keamanan tetap di jaga dengan memberikan hak akses pada admin yang bekerja di instansi tersebut.

Desktop Programing Bisa dibuat menjadi sistem Cerdas

Siapa bilang dekstop programing hanya sebatas aplikasi biasa di sebuah PC. Faktanya Dekstop programing bisa dikembangkan menjadi sistem cerdas yang mampu memberikan solusi atas permasalan manusia. Contohnya aplikasi sistem pakar mendeteksi penyakit Asma di sebuah klinik. Aplikasi ini ditanmakan di dalamnya Expert Sistem sehingga hanya dengan memasukkan gejala saja, pasiena kan tau kadar penyakit yang dideritanya.

Contoh bahasa pemrograman Dekstop

Adapun contoh pemrograman dekstop adalah sebagai berikut :

Web Programing

Web progaming, siapa yang tak kenal dengan istilah ini?. Yap, pemrograman berbasis web. Hampir seluruh progamer selalu antusias dengan bahasa-bahasa pemrograman berbasis web. Alasannya sangat sederhana, yaitu banyak menghasilkan pundi-pundi kekayaan. Kenapa tidak? Website sekarang menjadi hal mendasar dalam kebutuhan manusia saat internet meraja lela. Websaite dipakai dalam segala kebutuhan, baik untuk menunjang bisnis atau bahkan sekadar ingin berbagi informasi.

Hal di atas sejalan dengan banyaknya situs-situs yang sukses hingga menjadi perusahaan raksasa yang setiap detik padat pengunjug seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya

Bahasa pemrograman pembangun Website

Adapun bahasa pemrograman untuk membangun sebuah website adalah sebagai berikut:

  • HTML
  • PHP
  • CSS
  • JavaScript
  • C#

Mobile Programing

Yang satu ini juga merupakan jenis pemrograman yang semarak digandrungi di dunia digital. Di zaman gatget menjadi teman setia setiap orang, ya wajar saja jika beragam aplikasi akan hadir mengisi smartphone.

Alasan program ini digandrungi hampir sama dengan web programing, yatu memiliki daya jual yang tinggi dan menghasilkan aplikasi yang sangat bermanfaat untuk penggunanya. Contoh alikasi mobile yang sedang populer di indonesia saat ini seperti aplikasi ojek online, aplikasi belanja, ruang guru, dan lain sebagainya.

untuk membangun aplikasi berbasis mobile kita dapat membuatnya dengan bahasa Java dan dimotori oleh aplikasi seperti Android Studio.

8 Replies to “Bahasa Pemrograman, jenis-jenis dan contohnya.”

    1. Iya bg, javaScript sekarang lagi berkembang pesat. Tapi kalo kita menggunakan bahasa lain untuk keperluan kita sih, rasa ane ndak papa senyamannya kita aja. Yang penting kan tujuan program terjalankan, hehe…

    1. Ada bg, namanya programming hub. materinya lengkap karena ada Java, Python, HTML, dan PHP.Contohnya juga sederhana, terus gampang dipahami.

  1. Lagi belajar dan memproses beberapa bahasa pemrograman,,, btw walopun aku basicnya kimia,, tapi passionku entah kenapa di bidang IT, dan yaaahh tentu aja semuanya menjadi tertarik semenjak nonton beberapa film ttg hacker gitu,, jadi terikut suasana… Html dan Bahasa C atau C++ masih bisa yg dasar banget,, untuk php lagi mencoba memahami…

    1. Mantap donk berarti. Emang banyak orang sekarang yang gak di bidang IT mulai belajar IT, entah itu karna kebutuhan atau penasaran nyoba. Udah jago donk bisa yang dasar. Lanjutkan terus…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *