Cara Mudah Belajar Programing Secara Otodidak

Belajar Programing

Belajar programing bagi sebagian kalangan tidaklah mudah. Hal ini disebabkan bahasa pemrograman tidak sama dengan bahasa manusia. Sintak-sintaknya tampak rumit. Selain itu, seorang programer harus memikirkan logika dan cocok dengan bahasa yang difahami oleh program. Oleh karena itu kita perlu tau cara mudah belajar programing secara otodidak.

Apa Pentingnya Belajar Programing?

Belajar Programing sangat penting bagi sebagian kalangan. Kepentingan inipun berbeda-beda untuk setiap orang. Adapun bentuk kepentingan ini seperti keperluan bisnis. Mengingat zaman sekarang bisnis yang digeluti seseorang memerlukan program tertentu agar berjalan lebih efisien, kemudian memberikan nilai tambah pada penghasilan. Selain itu, ada juga kalangan yang membutuhkan program untuk sekedar memenuhi hobi. Ada juga sekedar untuk menyelesaikan tugas kuliah, hingga ada kalangan yang mencari uang dengan cara menjadi programer.

Apapun tujuan kita belajar programing, kita membutuhkan media pembelajaran secara otodidak. Mengapa? Karena di bangku perkuliahan atau di bangku mentoring pun, program tidak bisa dipelajari secara keselauruhan. Hal ini disebabkan waktu yang terbatas dan kemampuan programing perlu untuk diasar terus menerus secara mandiri.

Untuk mempermudah sobat sekalian, ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan untuk mempelajari programing secara efektif, diantaranya :

1. Memilih Bahasa Pemrograman yang Akan Dipelajari

Bahasa pemrograman yang ada saat ini sangat banyak ya sobat, mulai dari dekstop programing, web programing, dan mobile programing. Bagi kalian yang mau tau bahasa pemrograman apa saja yang termasuk dalam jenis-jenis di atas, silahkan baca disini ya:

2. Belajar Dari beberapa situs ternama

Sangat penting belajar dari situs ternama. Karena pada situs-situs ternama biasanya tersedia pembelajaran yang lengkap dan dipakai tidak hanya oleh orang indonesia namun diikuti oleh pembelajar programing di seluruh dunia. Di beberapa situs kita juga bisa adu kemampuan dengan peserta lain. Selain itu di beberapa situs, disediakan ruang untuk bertukar program yang telah diselesaikan. Jadi kita bisa mengambil program orang lain untuk dipelajari dan kemudian juga bisa share program yang telah kita buat.

Berikut beberapa situs yang bisa kita kunjungi untuk belajar programing secara mandiri dan gratis:

1. Sololearn

Situs ini menyediakan beberapa bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari seperti python, C++, C#, Java, PHP, dan lain sebagainya. Di situs ini kita juga bisa mempraktekkan langsung di layar yang telah disediakan. Latihan-latihan yang diberikan juga dapat membantu pemahaman yang lebih rinci. Ada fitur berbagi program dan juga ada chalange dengan peserta lain. Pokoknya kita tinggal pilih, edukasi seperti apa yang kita butuhkan.

2. Codecademy

Sama seperti sololearn, situs ini juga menyediakan bermacam-macam bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari. Selain itu, Dalam situs ini pembaca dapat belajar dengan menu latihan yang ada atau memberikan pelajaran kepada yang sedang belajar.

Menariknya untuk belajar pemrograman di situs ini, pembaca akan disajikan kotak yang berisikan petunjuk untuk kode, kotak untuk memasukkan kode, dan kotak yang berisikan hasil dari kode yang pembaca masukkan. Apabila kode yang telah dimasukkan benar, maka pembaca dapat langsung menyimpan, dan mengajukan programnnya kepada pihak Codecademy.

3. W3Schools

Siapa yang tak kenal dengan situs yang satu ini. Programer web pasti tau yang satu ini. Situs ini sangat terkenal karena menjadi referensi yang sangat lengkap untuk belajar bahasa pemrograman khususnya di bidang web programing.

Pada situs ini disediakan tutorial lengkap. Tidak hanya itu, ada juga tab khusus referensi yang dibutuhkan untuk membangun program. Contoh-contoh program juga disediakan. Yang terakhir adalah tempat untuk melatih kemampuan pada menu Exercises.

4. Membongkar Program yang sudah jadi.

Seorang pembelajar programing perlu untuk membongkar program yang sudah jadi (tentunya jangan lupa menyiapkan Backup program ya. Siapa tau experimen kita akan mengacaukan program, hihi). Mengapa perlu melakukan ini?

sangat perlu karena dengan belajar dari program yang telah selesai, kita mengetahui code-code program penyusun elemen program itu sendiri hingga program sempurna. So, jika kita udah tau elemen penyusunnya, kemudian kita akan lebih mudah menentukan elemen apa yang perlu kita buat saat ingin membangun program kita sendiri.

5. Mengerjakan Project

Setelah kita memahami elemen dan code program yang bisa disusun, maka kita harus mencoba untuk maju. Ya, mengerjakan project program. Dengan mengerjakan project program dapat dipastikan kemampuan programing kita akan terus berkembang. Saat mengerjakan project ini pastilah kita dihadapkan pada kebutuhan-kebutuhan code program yang rumit dan masalah-masalah yang kompleks. Tapi dengan adanya hal ini, kita akan terus semakin belajar hingga mampu mencapai tujuan. Tapi jangan nyerah di tengah jalan ya. hehe

6. Ikuti Akun media sosial yang bertema programing

Kebanyakan dari kita selalu aktif di media sosial baik itu facebook, instagram, twetter, dan lain sebagainya. Dalam media ini banyak kok komunitas, grub atau akun pribadi yang bertema edukasi programing. Kita perlu mengikuti akun atau grub ini? Pastinya perlu karena biasanya ada motivasi tersendiri yang akan muncul dengan kita melihat postingan dan diskusi mereka. Selain itu, informasi-informasi seputar dunia programing juga akan selalu kita dapat. Apalagi jika ada info lomba yang mungkin bisa kita ikuti, hal ini akan membuat kita semakin bersemangat di dunia programing.

7. Masuk ke komutitas programing (Offline & Online)

Banyak orang-orang sukses yang tumbuh dari komunitas. Itu fakta yang benar, karena dengan adanya komunitas kita mampu lebih maju. Komunitas terkadang membuat seorang yang malas menjadi rajin, yang tidak mengerti sesuatu menjadi ahli, karena di dalam komunitas selalu ada motivasi untuk berkembang, kerjasama untuk maju, sampai berbagi project yang mungkin bisa kita kerjakan bersama-sama.

8. Terus Mengasah Kemampuan

Jangan puas dengan apa yang telah dicapai. Teruslah mengasah kemampuan untuk tetap menjadi programer yang handal. Dunia programing selalu mengalami pembaruan, fitur-fiturnya terus berkembang. Oleh karena itu seorang programer harus terus uptodate dan terus berkarya menghasilkan program-program baru yang lebih handal dari sebelumnya.

9. Belajar Bahasa Pemrograman Lainnya

Jika kita sudah mahir dalam satu bidang programing, tak ada salahnya jika kita mulai belajar bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemrograman itu satu dan yang lainnya memiliki persamaan meskipun memiliki banyak perbedaan. Struktur setiap bahasa pemrograman sebenarnya hampir sama, misalnya pada pemrograman C++ kita menemukan materi perulangan dengan “for dan

Recommended Articles

4 Comments

  1. Wah lengkap lengkip, kebetulan lagi penasaran sama yg namanya coding, indikator dikatakan seseorang faham coding apa yaa..

    Mampir juga ya ke postingan hari kedua awak tentang travel blogger medan

    1. Orang yang faham coding biasanya bisa menuliskan code progam sesuai logika yang diharapkan bang. Jadi hasilnya, program sesuai yang diharapkan. hehe

  2. Gimana kabarnya itu Clip53, dulu program 3dimensinya jadi tugas akhir 😀

    1. Bahas program clipper udah banyak ditinggalkan sekarang bg, hehe
      karena udah banyak bermunculan bahasa program yang lebih keren. Skripsi atau tugas ahir juga sekarang jarang pakai bahasa clipper.
      Kebanyakan udah berbasis web atau mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *