Mengapa Teknologi Bisa Berkembang Pesat? Ini Alasannya.

Teknologi, mengapa teknologi bisa berkembang pesat? Ini Alasannya. Baca terus ya sobat komputer kata. Semoga makin pintar dan terus eksplore diri… hehe

Seperti yang kita tau, teknologi dewasa ini berkembang hampir di seluruh penjuru dunia. Perkembangan teknologi sangat cepat, bahkan  setiap harinya bermunculan teknologi terbaru yang semakin canggih. Pertanyaan yang mungkin muncul dibenak beberapa orang adalah mengapa ya teknologi bisa berkembang pesat? kapan mulainya?

Perkembangan teknologi ternyata berawal pada tahun 1956 saat seorang ilmuan bernama John McCarthy menggagas penemuan konsep Artificial Intelligence yang dipersentasikan dalam konferensi Dartmouth. Sebenarnya, sebelum itupun sudah ada hasil penemuan ilmuan-ilmuan dalam bidang teknologi berupa mesin-mesin digital yang dimulai bahkan sejak zaman yunani kuno, akan tetapi John McCarthy yang pertama kali mencetuskan gagasan konsep kecerdasan buatan hingga disebut-sebut sebagai Bapak AI.

Tujuan McCarthy dalam presentasinya ini adalah untuk menciptakan mesin yang bisa bekerja, berpikir, dan mengambil tindakan layaknya manusia yang cerdas. Ia yakin bahwa semua aspek kecerdasan yang ada pada manusia bisa dipelajari dan dapat diadopsi ke dalam sebuah sistem atau mesin komputer untuk mempermudah penyelesaian masalah dalam kehidupan manusia. Jadi, berdasarkan pemikiran inilah McCarthy menemukan konsep Artificial Intelligence sehingga sampai sekarang para penerusnya dapat membangun peradaban dunia yang maju.

Apa Itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligence atau biasa disebut AI dalam bahasa indonesianya Kecerdasan Buatan adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (Komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia.

Dari pengertian di atas, sesuai ya sobat dengan tujuan awal John McCarthy menggagas AI?!

Mengapa Teknologi Berkembang Pesat?

Sobat, sejak digagasnya penemuan tentang AI oleh John McCarthy di tahun 1956, keilmuan ini terus dikembangkan dari hari ke hari, robot-robot terus diciptakan. Kemudian, di era 90an mulailah konsep AI diterapkan pada benda yang semakin dekat dengan kehidupan manusia seperti peralatan elektronik yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Hingga pada hari ini kita bersentuhan langsung setiap saat dengan teknologi cerdas seperti smartphone, google now, google speech, dan banyak lagi teknologi lainnya yang dikembangkan dengan AI yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga ” Ingin Membangun Sistem Cerdas? Kamu Perlu Tau Dasar-dasarnya. “

Mengapa perkembangannya sangat cepat? jawabannya adalah karena adanya persaingan dan bisnis. Iya, persaingan dan bisnis. Semakin cepat teknologi dikembangkan dalam sebuah perusahaan, maka akan semakin tinggi keunggulan perusahaan ini dalam persaingannya dengan perusahaan lain sehingga semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Bayangkan jika setiap detik setiap manusia di bumi ada saja yang mengakses search engine misalnya, maka keuntungan yang didapatkan google dari kemudahan yang ditawarkan pada pelanggan juga akan bertambah setiap detiknya. 

Selain persaingan dan bisnis, hal lain yang menyebabkan cepatnya perkembangan ini adalah kemudahan akses itu sendiri. Setiap orang yang ingin belajar untuk lebih maju tidak sulit lagi mencari informasi yang dibutuhkan, hingga siapapun mampu menjadi seorang penemu berbekal kemajuan dan kemauan untuk belajar.

Teknologi Apa Aja Sih yang di Dalamnya Tertanam Kecerdasan Buatan?

Wow, banyak sekali. Contoh yang paling dekat dengan kita adalah Smartphone kita yang berasis andorid. Sistem Operasi ini sudah ditanamkan di dalamnya kecerdasan buatan. Contoh lainnya yaitu google search yang mengadopsi teknik soft computing berupa inovasi baru untuk membuat sistem lebih cerdas, olehkarena itu saat kita menuliskan sesuatu di mesin pencari, sistem ini langsung akan mencari informasi seperti yang kita butuhkan. selain itu oke google yang mengandung speech recognation, siri pada product Apple yang bisa berbicara dengan pengguna, smart TV, dan masih banyak lagi hingga hampir seluruh alat elektronik saat ini di dalamnya terdapat kecerdasan buatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *