Cara Mengirim File ke Google Classroom

Google classroom

Cara Mengirim File ke Google Classroom. Temen-temen, banyak dari kita dimasa pandemic ini yang menggunakan fasilitas google classroom untuk berbagai kegiatan. Semenjak pandemic covid-19, google classroom menjadi salah satu alternatif paling populer untuk menjadi media pembelajaran online baik bagi kalangan pelajar maupun pada kegiatan-kegiatan seminar.

Walau awam digunakan saat ini, namun banyak ternyata dari kita yang belum mengetahui cara mengirimkan file baik sebagai materi maupun file tugas di classroom. Nah, yuk kita lihat caranya.

Google Classroom

Google Classroom adalah salah satu layanan yang dikembangkan oleh google yang tujuan utamanya adalah untuk mempermudah interaksi siswa dan guru dalam pembelajaran DARING (Dalam Jaringan). Oleh karena itulah sebenarnya, google classroom hadir sebagai layanan yang memudahkan dalam hal pengiriman file, pembuatan jadwal, pengumpulan tugas, dan lain sebagainya.

Google classroom diumumkan pertama kali pada 6 Mei 2014. Seiring berjalan waktu, layanan ini terus dikembangkan dari tahun ke tahun untuk penyempurnaan layanan pembelajaran online yang lebih baik.

Fasilitas pada Google Classroom

Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh google classroom. Seperti penugasan dan penilaian yang dapat dilakukan dengan interaksi google form. Pada fasilitas ini guru dapat memberikan nilai pada setiap soal yang diberikan sehingga hasil penilaian akan otomatis terakumulasi saat jawaban diserahkan oleh peserta didik.

Guru juga dapat membuat pengumuman, memasang jadwal dengan google calender, atau berbagi apasaja kepada peserta didik yang dapat dikomentari oleh para murid dalam interaksi komunikasi yang berjalan secara dua arah.

Selain itu ada juga fasilitas lampiran, dimana guru dapat melampirkan materi dalam bentuk file, link situs website, link YouTube, dan lain sebagainya.

Cara Mengirim File ke Google Classroom

Bagi seorang guru, mengirim file materi pembelajaran dalam format apapun dapat dilakukan. Berikut adalah caranya:

1. Pertama-tama pilihlah kelas yang akan diberikan file, kemudian pilih “Tugas Kelas” atau dalam bahasa inggrisnya “Class Work”

2. Selanjutnya klik tombol buat untuk memilih jenis materi pembelajaran, misalkan kita ingin memasukkan materi.

3. Lalu masukkan judul materi dan deskripsi materi. Nah, saat kita akan menyisipkan file ke dalam materi, klik tombol “tambahkan” atau jika dalam bahasa inggris “Add”. Bisa saja kita memilih tombol “buat”, ini dilakukan untuk membuat file baru.

4. Akan muncul kotak dialog seperti ini. Jika file sudah pernah diupload sebelumnya, pilih terbaru. Tapi jika ingin mengupload file pilihlah upload dan klik BROWSE

5. Pilihlah file yang akan diupload dan klik open

6. File sudah terlihat ada pada materi yang dibuat. Siswa akan dapat melihat membukanya setelah kita klik tombol posting yang ada di sisi kanan atas.

Selain menyisipkan tugas, kita juga ingin tau cara menyerahkan tugas dalam bentuk file kan? Nah, begini caranya:

Cara Menyerahkan Tugas dalam Bentuk File di Google Classroom

Banyak dari kita yang kebingungan untuk menyerahkan tugas di classroom. Padahal ini sangat mudah dan semua jenis file bisa kita serahkan. Begini caranya :

1. Pertam buka terlebih dahulu kelas yang akan kita kumpulkan tugas di dalamnya, kemudian pilih “classwork” atau “Tugas Kelas”

2. Cari dan pilih tugas yang akan dijawab

3. lalu pilih “View assignment” atau “Lihat tugas”

4. Perhatikan sisi kanan sebelah atas, disana ada kotak “Your work” untuk mengirimkan file. Jika kita memakan gatget maka posisi ini bisa dicari ya, sesuai resolusi perangkat masing masing.

5. Setelah kita klik tombol “Add or creat” maka akan muncul pilihan untuk menambahkan jawaban berupa link, file dari drive, file atau membuat berbagai dokumen baru sesuai keinginan. Nah jika kita ingin mengirim file yang sudah ada di perangkat, maka pilihlah file. File bisa mengirim jenis file apa saja termasuk foto atau video.

6. Pilih Upload dan browse jika file belum pernah di upload

7. Pilih file yang akan diserahkan

8. File yang akan diserahkan akan terlihat, jika ingin menambahkan file atau dokumen lainnya pilih kembali “Add or create”. Jika sudah selesai klik “Turn In” atau “Serahkan”.

9. Akan muncul kotak dialog konfirmasi, klik “Turn in”

10. Seperti inilah tampilan bahwa tugas sudah diserahkan. Jika sudah ada “Unsubmit” berarti tugas sudah berhasil diserahkan. Di atas kotak dialog ada keterangan jika kita menyerahkan tugas yang sudah terlambat untuk diserahkan.

Disini guru juga bisa membuat komentar pribadi untuk mengomentari tugas yang kita serahkan.

Nah, demikianlah cara mengirim file di google classroom. Semoga bermanfaat

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *