Wed. Sep 28th, 2022
investasi

Aplikasi investasi saham aman dan mudah untuk pemula mungkin menjadi hal yang dicari banyak orang yang sudah mulai terbuka pikirannya untuk berinvestasi secara digital di zaman modern seperti sekarang ini. Pasalnya sebagaimana yang kita ketahui, bahwa berinvestasi merupakan hal yang penting demi masa depan. Sementara itu banyak aplikasi investasi online yang dewasa ini tidak aman digunakan.  Aman dan mudah bagi pemula, merupakan layanan yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu ini. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang aplikasi layanan investasi saham stockbit, ada baiknya kita membahas dulu hal-hal berikut.

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan menanamkan modal baik berupa uang maupun aset lainnya kepada suatu pihak atau lembaga dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dalam kurun waktu tertentu. Lebih spesifik tujuan seseoarang berinvestasi adalah untuk mendapatkan penghasilan tetap, memperoleh keuntungan dari usaha yang terus berjalan tanpa harus mengeluarkan tenaga lebih, dan kemudian mendapatkan jaminan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Mengapa Perlu Berinvestasi?

Apasih perlunya seseorang berinvestasi? jika hal ini ditanyakan maka ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan.

1. Inflasi

Buah hasil kerja keras yang dilakukan pada saat ini sebaiknya disimpan untuk masa depan. Di masa depan, pastinya kita ingin bersantai menikmati hasil jerih payah selama ini. Namun masalahnya menyimpan uang kertas sekarang dengan nilai seratus ribu rupiah, saat kita tua nanti maka nilainya sudah tidak sama dengan saat sekarang. Ingatkah kita harga permen di masa SD dulu 25 rupiah di mana pada masa itu uang 5.000 rupiah sudah sangat banyak nilainya, namun pada saat ini tidak demikian, uang 5.000 rupiah hanya cukup untuk membeli beberapa buah permen saja.

Ini yang disebut dengan inflasi. Nilai tukar uang kertas yang terus menurun dari waktu ke waktu. Hal ini akan merugikan bila seseorang menyimpan uang dalam waktu yang lama karena pada masanya nanti nilai tukar uang yang disimpan sudah tidak sesuai dengan nilai saat menyimpannya. Nilai yang menurun ini akan memberikan dampak tidak baik berupa nilai harta yang tidak sesuai dengan harapan masa depan yang baik. Maka sebaiknya kita tidak berinvestasi dalam bentuk uang kertas.

 

2. Kebutuhan Hidup

Kebutuhan hidup setiap orang berbeda-beda tergantung gaya hidup, lingkungan, dan usia. Ada orang yang hidupnya sudah sejahtera dengan beberapa rupiah saja, hidupnya sederhana, pengeluarannya tidak banyak. Namun, di sisi lain ada orang yang kehidupannya tidak bisa berjalan tanpa uang yang cukup banyak karena lingkungan dan gaya hidup yang menuntut hal tersebut. Hal ini membuat seseorang butuh pendapatan lebih. Oleh karena itu orang seperti ini perlu melakukan hal-hal untuk mendatangkan uang lebih banyak seperti beinvestasi saham yang hasilnya akan diterima bahkan saat orang tersebut sedang tidur.

Namun tidak bisa dipungkiri bagi kita yang jika saat ini kebutuhan masih dalam taraf rendah, tidak selamanya hal itu berlaku. Bisa jadi di masa yang akan datang saat usia bertambah atau lingkungan berubah, kebutuhan juga meningkat. Nah, berdasarkan hal ini, mau tidak mau kita sebaiknya menyisihkan penghasilan untuk dapat dinikmati di kemudian hari di saat mungkin kehidupan, usia, dan lingkungan kita sudah menuntut untuk hidup lebih dari pada masa saat ini.

Kebebasan Finansial

Siapapun pastinya ingin memiliki kebabasan finansial. Masa-masa dimana uang bukanlah menjadi rintangan untuk melakukan apapun. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk melakukan investasi untuk mendongkrak penghasilan demi menciptakan kebebasan finansial dalam kurun waktu yang kita rencanakan.

Apa Itu Saham?

Saham adalah bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan. Saat kita membeli saham suatu perusahaan, maka kita dianggap memiliki nilai dari saham yang kita beli dengan bukti  yang ada sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karena kita memiliki nilai dari saham perusahaan tersebut, maka setiap perusahaan tersebut memiliki keuntungan, kita akan mendapatkan keuntungan senilai saham yang kita miliki. Namun seandainya perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan, maka kita juga akan mengalami kerugian senilai saham yang kita miliki. Oleh karena itu kita butuh memilih perusahaan dengan baik sebelum membeli saham dari suatu perusahaan.

Stockbit – Aplikasi Investasi Saham Aman dan Mudah untuk Pemula

Sudah teripikir untuk berinvestasi dengan cara membeli saham? namun tidak tau harus membeli dimana dan dengan cara apa? tenang, ada aplikasi yang aman untuk berinvestasi dan mudah digunakan bahkan untuk pemula. Beberapa waktu lalu, Stockbit mengadakan webinar dengan para blogger di medan. Dari hasil kegiatan ini, bisa dipahami bahwa berinvestasi dengan bantuan Stockbit sangat mudan dan aman.

Mengapa Stockbit Sekuritas Aman?

Aman karena Stockbit terdaftar dan diawasi oleh OJK dan IDX. Apa itu OJK dan IDX? 

Dilansir dalam sirus resminya, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.

Sementara itu, menurut wikipedia Indonesia Stock Exchange (IDX) atau Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem juga sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka.

Jadi pada layanan Stockbit, BEI bertugas sebagai pihak yang menyelenggarakan penjualan saham pada pasar modal, kemudain untuk membeli saham tersebut, kita membutuhkan layanan securitas seperti toko penyedia layanan untuk melakukan transaksi jual beli saham, dalam hal ini Stockbit bertindak sebagai toko securitas tempat kita membeli saham yang disediakan oleh pihak BEI tadi. Kemudian OJK akan mengawasi sesuai undang-undang. Saham yang telah kita beli akan disimpan di rekening RDN dan KSEI.

RDN (Rekening Dana Nasabah) adalah rekening khusus untuk investasi nasabah yang dibukakan atas nama investor sendiri dan terpisah dari rekening sekuritas. Jadi karena rekening terpisah dengan layanan pihak sekuritas, maka dana yang dimiliki akan aman pada rekening dengan nama pribadi. Pemilik layanan RDN juga sudah banyak seperi pihak Bank dan pihak layanan bank digital seperti Bang Jago.

Sementara itu, KSI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) adalah lembaga penyimpanan dan penyelesaian pasar modal Indonesia yang bertugas menyediakan jasa kustodian dan penitipan efek sesuai dengan aturan yang berlaku secara efisien. hal ini diatur dalam undang-undang nomor 8 tahun 1995 mengenai Pasar Modal.

Langkah Mudah Investasi Saham di Stockbit

Untuk memulai investasi saham dengan layanan Stockbit sangatlah mudah. Yang pertama pastikan kita memiliki RDN pribadi seperti BCA atau Bang Jago, kemudian daftar akun Stockbit, selanjutnya lakukan pengisian formulir pembukaan rekening secara online, dan kita sudah bisa deposit dan membeli saham yang diinginkan. Semudah dan secepat itu proses untuk berinvestasi secara aman di Stockbit.

Gak Tau Cara Analisis Saham?

Jika tidak tau cara analsis saham?, wajar sih apalagi pemula yang masih belajar tentang saham. tenang disini ada penjelasannya. Aplikasi Stockbit memiliki fitur yang lengkap. Untuk mengetahui banyak hal tentang saham seperti cara analisis saham dan sebagainya, kita bisa masuk ke situs Stockbit, kemudian pilih menu Academy. Disana ada banyak video tutorial tentang dunia per-saham-an yang sangat bermanfaat untuk menunjang pengetahuan tentang saham dan investasi. Lengkap dengan materi berkualitas yang disusun oleh para pakar secara terstruktur untuk pemula dan ini gratis.

Secara teknis ada 2 macam cara untuk berinvestasi dan analisis saham yaitu yang pertama fundamental atau jangka panjang dan yang kedua adalah teknikal atau jangka pendek.

Fundamental Analysis

Dalam metode fundamental analysis kita berlaku sebagai investor. Fundamental analisis atau analisa jangka panjang memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil investasi di masa yang jauh ke depan misalnya 10 tahun yang akan datang. Dalam metode ini kita mendapatkan keuntungan dari capital gain dan dividen sesuai dengan kinerja perusahaan.

Technical Analysis

Dalam metode Technical analysis kita berlaku sebagai Trader. Seorang trader mendapatkan keuntungan dari penjualan saham di setiap periode tertentu tanpa harus menunggu waktu yang panjang. Seorang trader memperhatikan gerakan naik dan turun harga saham yang berulang dan memanfaatkan penjualan harga saham sebagai pendapatan. Misalnya kita memiliki saham, kemudian kita menjualnya saat saham tersebut naik dan membeli saham saat harga saham turun untuk dijual kembali saat harganya naik kembali.

Fitur Analisa Pro Lainnya

Selain fitur-fitur di atas, masih ada fitur analisa pro yang dimiliki oleh Stockbit. Terdapat sepuluh fitur analisa pro yang dapat dilihat pada aplikasi stockbit dan dapat dipelajari dari aplikasi Stockbit sendiri. Fitur analisa ini sangat bermanfaat untuk membantu analisa yang baik saat berinvestasi dengan aplikasi stockbit.

Berapa Nilai Saham Pertama yang Dibutuhkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, mas Panji selaku meateri acara webinar yang sudah berpengalaman dalam investasi saham menjawab bahwa investasi sebenarnya bisa dalam rentang biaya berapa saja dari serendah-rendahnya hingga jutaan rupiah. Namun sebelum berinvestasi dengan membeli saham dari perusahaan tertentu, sebaiknya menganalisa terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut. Dalam aplikasi Stockbit kita bisa melihat seberapa baik kemajua perusahaan yang menjual saham. Baik untuk dilihat perkembangan kenaikan pendapatan, nilai hutang, serta aset yang dimiliki perusahaan agar kita tidak salah membeli saham. Menurut beliau saham yang baik biasanya membutuhkan modal sekitar 300.000 rupiah hingga 500.000 rupiah nilai awal pembeliannya.

Nah, dari semua penjelasan ini, dengan kemudahan dan keamanan yang ditawarkan oleh Stockbit, tunggu apalagi? yuk mulai berinvestasi dengan aplikasi Stockbit.

komputerkata

 

 

 

 

 

 

 

By zaimah

2 thoughts on “Stockbit – Aplikasi Investasi Saham Aman dan Mudah untuk Pemula”
  1. Waah.. saya sudah lama download Aplikasi Stockbit ini di HP. Tapi sampai sekarang belum mulai investasi karena masih ragu. Terimakasih sudah menjelaskan dengan detail mengenai stockbit, semoga saya banyak duit berlebih, supaya bisa mulau investasi saham.. Aamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *