Wed. Aug 10th, 2022
Belajar online efektif atau tidak

Belajar online efektif atau tidak?. Nih aplikasi GRATIS yang bisa mendeteksi apakah pembelajaran online yang udah dijalani efektif atau tidak.

Sejak corona virus (Covid-19) masuk ke Indonesia di awal tahun 2020, anak-anak sekolah dan mahasiswa di Indonesia diharuskan untuk mengikuti pembelajaran secara daring atau online. Hal ini sangat baru mengingat di indonesia belum pernah diberlakukan pembelajaran online sebelumnya. Wajar jika orang tua bertanya-tanya Apakah pembelajaran yang diikuti anaknya sudah efektif atau belum.

Memang awalnya belajar onlie terasa kurang enak. Banyak masalah terjadi di awal-awal masa pembelajaran online sekolah-sekolah diwajibkan. Dari yang sulit karena banyak orang tua dan siswa yang tidak punya perangkat, gagap teknologi, jaringan yang sering bermasalah, harga paket data yang harus dibayar mahal untuk bisa masuk belajar, hingga peserta didik yang sulit menerima dan memahami materi karena keterbatasan-keterbatasan yang ada.

Namun ternyata, seiring berjalan waktu, banyak juga yang merasa belajar online sudah tidak masalah lagi. Mungkin karena sudah terbiasa. Kemudian, mulailah bermunculan kelas-kelas online yang diselenggarakan pihak-pihak tertentu. ujung-ujungnya, pelatihan juga banyak yang diadakan online. Anda mau memahami apa? kelasnya ada online. Mau pelatihan ini itu, online aja. Mau ujian ini itu, online aja toh sudah terbiasa dengan kelas online. Mudah dan bisa dimana aja.

Tapi, udah yakin belum pembelajaran online yang diterima anak misalnya, keluarga atau teman-teman yang ikut kelas berbayar sudah efektif sesuai dengan apa yang diharapkan?

Inilah masalah yang sulit untuk mengukurnya. Jika diukur dengan ujian apakah ujian yang dilakukan menghasilkan sesuai harapan, banyak juga yang ujian online dikerjakan oleh orang lain padahal tujuan pembelajaran bukan hanya sebatas nilai. Tapi jauh dari itu tujuan pembelajaran adalah kecakapan dan pencapaian dari target-target pembelajaran apalagi untuk anak-anak yang masih duduk di bangku SD sampai SMP. Oleh karena itu dibutuhkan alat untuk mengukurnya.

Nah untuk itu ada nih aplikasi yang bisa mendeteksi apakah pembelajaran online yang udah dijalani efektif atau tidak. Aplikasi ini dibuat oleh pemilik situ ini sendiri, komputerkata.com dan GRATIS ya, silahkan pakai sesukanya.

Pembelajaran yang Efektif

Belajar dapat dikatakan efektif ketika kegiatan belajar memberikan proses perubahan pada peserta didik dalam kognitif, tingkah laku, dan psikomotor sebagai hasil dari proses pembelajaran yang diberikan, pengalaman diri, dan lingkungan yang membawa pengaruh, makna dan manfaat.

Ada lima indikator pembelajaran efektif yaitu pengelolaan pelaksanaan, proses komunikatif, respon pesarta didik, aktivitas belajar, dan hasil belajar. Pembelajaran dikatakan efektif jika seluruh indikator setidaknya memiliki tingkat pencapaian 75%

Terdapat beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap pencapaian pembelajaran yang efektif seperti tenaga pengajar atau biasa disebut dengan guru, proses pembelajaran, fasilitas dalam belajar, dan pendukung lainnya. Seluruh hal ini akan menunjukkan hasil pembelajaran yang efektif atau kurang efektif.

Pada aplikasi ini, semua indikator pembelajaran efektif telah di extrak untuk dijadikan bahan indikator dalam mendeteksi belajar online efektif atau tidak.

Untuk Apa Aplikasi Ini Dibuat?

Jika ditanya untuk apa aplikasi ini dibuat? pada dasarnya awal aplikasi ini bisa menjadi ide adalah karena fenomena belajar online yang awalnya sangat meresahkan dengan berbagai permasalahan seperti orang tua yang mengeluh karena anaknya tidak faham, guru yang hanya memberi tugas, dan bahkan orang tua yang mengerjakan tugas-tugas sekolah anak didik. Namun, mungkin itu hanya kita dengar di beberapa tempat saja. Tidak menutup kemungkinan ada juga pembelajaran online yang bagus.

Jadi, ini pasti membuat orang-orang sulit menilai apakah peserta didik mendapatkan pembelajaran yang efektif atau tidak. Jika misalnya dari aplikasi ini orang tua atau kita sendiri yang misalnya mengikuti kelas online tau seberapa efektif kelas online tersebut, maka akan dapat mengambil tindakan misalnya memberikan pembelajaran tambahan jika output pembelajaran belum efektif.

Selain itu, aplikasi ini juga berguna bagi orang-orang yang memberikan kelas online atau para petinggi pendidikan misal guru, kepala sekolah hingga pihak berwenang lainnya. Dengan mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran online yang dilakukan, mereka bisa memperbaiki sistem pembelajaran online jika pembelajaran masih belum efektif, atau mempertahankan dan meningkatkan pembelajaran jika ada di level efektif tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi Mengadopsi Sistem Cerdas dari Keilmuan Pakar Pendidikan

Untuk mendeteksi sesuatu tidak bisa dilakukan dengan hanya melihat hal-hal tertentu saja dan menentukan begitu saja. Untuk menentukan sesuatu yang bersifat tidak bisa diukur secara langsung, harus dilakukan perhitungan berdasarkan keilmuan dalam hal ini aplikasi ini dibangun dengan perhitungan sistem cerdas.

Sistem cerdas yang dibangun pada aplikasi ini berdasarkan dari pengetahuan para pakar pendidikan. Dalam hal ini ada dua orang pakar pendidikan dan praktisi pendidikan yang dijadikan nara sumber yang keilmuannya dimasukkan ke dalam sistem.

Mengapa Aplikasi Ini Gratis?

Aplikasi ini gratis karena pada dasarnya sistem ini dihasilkan dari penelitian yang dibiayai oleh Kementerian Riset dan Teknologi /Badan Riset dan Inovasi Nasional (KEMENRISTEKBRIN) pada tahun 2021 yang bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan teknologi di indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga dimaksudkan untuk membantu para orang tua, guru, kepala sekolah, siapa saja bahkan petinggi pendidikan untuk mengetahui dan mengevaluasi sistem pembelajaran agar pembelajaran di Indonesia dapat berjalan secara efektif

Akses Aplikasi Dimana?

  • Aplikasi Cerdas Deteksi Efektivitas Pembelajaran online dapat dikases di link berikut DETEKSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE
  • Jurnal penjelajasan tentang penelitian ini juga sudah terbit dan dapat diakses secara gratis. Di dalam jurnal ini ada penjelasan sistem dan perhitungan matematis yang dilakukan hingga tahapan pembangunan aplikasi. Jurnal tersebut dapat di akse pada link berikut JURNAL EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE

Karena aplikasi ini berjalan bersamaan dengan situs ini, maka selama komputerkata masih aktif maka aplikasi ini juga terus aktif. Semoga ke depan komputerkata bisa membuat aplikasi lainnya yang juga bermanfaat bagi banyak pembaca.

 

By zaimah

11 thoughts on “Pernah Belajar Online? Mau Tau Belajar Online Efektif atau Tidak? Yuk, Cek…!”
  1. Aplikasi yang menarik, kebetulan yah aku saat ini seorang mahasiswa yang awal masuk kuliah waktu tahun COViD-19 baru saja muncul dan menurutku perkuliahan/pembelajaran secara daring/online kurang efektif karena banyaknya distraksi dari sekitar sehingga akhirnya sering tidak memperhatikan dosen saat mengajar. Melihat aplikasi yang kakak buat, sepertinya bisa menjadi kunci jawaban untuk memperbaiki diriku agar bisa belajar lebih efektif lagi ehehe.

  2. Makasih kak untuk informasi nya, selama ini kami juga masih menerapkan pembelajaran online secara disipline, ditambahkan lagi ada aplikasi² modern zaman sekarang, kemungkinan sangat efektif lagi tentunya dalam sistem belajar

  3. Artikel yg menarik & informatif sekali..
    Memang saat ini telah banyak akses pendidikan online yg memudahkan kita utk bisa bertatap mata via layar gadget ato komputer, tetapi terkadang study offline juga masih perlu dilaksanakan terutama ketika praktikum ato kegiatan lapangan..

    Aplikasi yg ditawarka cukup bagus, apalagi dikeluarkan oleh instansi terkait.. smoga bisa memotivasi para peserta didik supaya memudahkan study mereka..

    Trimakasih telah berbagi informasi ini

  4. Pandemi kemarin memang membawa perubahan yang banyak. Terutama pada kebiasaan sehari-hari. Gaya berpakaian dan belajarpun menjadi berbeda. Dari pandemi kita berkenalan mengenai pembelajaran secara online…

  5. Wah bermanfaat banget aplikasinya. Memang sih betul faktor kebiasaan jadi penyebab tidak nyaman melakukan KBM secara online, dulu, tapi sekarang sudah terbiasa karena dengan begitu semua jadi lebih praktis.

  6. Kalau untuk anak sekolah dasar kurang setuju anak belajar offline, anak nggak tambah paham yang ada malah resah, bingung dan ujungnya orang tua kerepotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *