Struktur Kendali- Perulangan pada PHP (PHP part-5)

perulangan

Struktur kendali pada PHP terdiri dari dua pembahasan yaitu yang pertema adalah perulangan dan yang kedua adalah pengkondisian. Kedua hal ini ada hampir di seluruh bahasa pemrograman. Oleh karena itu, keduanya sangat perlu untuk kita fahami. Pada part ini kita akan membahas perulangan terlebih dahulu.

Perulangan atau looping merupakan sintak program yang dibuat untuk mengulang-ulang suatu kondisi dengan batasan tertentu. Perulangan berfungsi untuk mempermudah dalam penulisan code program yang kondisinya berulang tanpa harus mengulang-ulang penulisan code program tersebut tetapi cukup membuat perulangan saja. Dengan perulangan code program yang ditulis akan lebih pendek dibandingkan mengulang-ulang code yang sama.

Baca tutorial PHP lainnya

Ada beberapa jenis perulangan yaitu :

  • For
  • While
  • Do…while
  • Foreach ( Perulangan ini tidak dibahas di part ini karena termasuk dalam perulangan yang spesifik untuk Array. Maka akan dibahas di part Array)

Perulangan For

Perulangan for digunakan ketika kita mengetahui barapa banyak kondisi yang akan diulang. Rumus pada for ini mengandung tiga unsur dengan skema sebagai berikut :

 for (inisialisasi; kondisi_terminasi; increment/decrement){
     code program yang akan dieksekusi;
}

Keterangan :

  • Inisialisi = disini kita menentukan variabel awal untuk perulangan.
  • Kondisi terminasi = yaitu dimana kita akan memberhentikan perulangan. Misal kita akan mengulang sebanyak 10 kali, maka disini kita akan menentukan pemberhentian yaitu ketika kondisi yang ke sepuluh.
  • Increment/decrement = disini kita menentukan bentuk perulangan yang akan dilakukan program berupa increment (maju) atau decrement (mundur)

Oke, mari kita praktekkan. Misalnya kita ingin mengulang kalimat “Love You” sebanyak sepuluh kali. Maka rumusnya adalah sebagai berikut :

for($i=0; $i<10; $i++){
     echo "I Love You <br>";
}

Penjelasan :

Saat kita membuat inisialisasi, kita menuliskan variabel i dengan $i, artinya angka 0 sebagai nilai awal yang dibuat akan dimasukkan ke dalam variabel i. Kemudian setelah itu kita menentukan kondisi terminasi berupa banyaknya perulangan yang akan dilakukan program. $i<10 artinya ulang terus perintah yang ada di antara {} yaitu kalimat I Love You selaman isi dari variabel i lebih kesil dari 10. Selanjutnya $++ berarti kita memilih increment (maju), hal ini tentunya sejalan dengan inisialisasi yang diawali 0 dan penetuan nilai maju yaitu 10. code yang ada di antara {} adalah hal yang akan diulang.

Perulangan While

Jika perulangan for dilakukan saat banyaknya kondisi telah diketahui, maka perulangan while dibuat hanya untuk mengulang saat kondisi yang ada di dalam tanda kurung ( ) masih terpenuhi. Namun, pada dasarnya struktur while masih sama dengan perulangan for. Komponen yang ada dalam code programnya juga sama, hanya saja berbeda tempat peletakannya.

Code pada while adalah sebagai berikut :

Inisialisasi;
while (kondisi_terminasi){
     code program yang akan dieksekusi;
increment/decrement;
}

Selama kondisi yang ada di dalam ( ) belum terpenuhi maka ulang perintah yang ada di dalam { }, dengan inisialisasi dilakukan di luar while dan incerement/decrement dibuat setelah perintah.

Yuk kita lihat contohnya :

$i =0;
while($i < 5){
    echo "I Love You <br>";
$i++;
}

Kali ini kita mengulang kalimat I Love You sebanyak lima kali dengan perulangan while.

Perulangan Do….While

Perulangan while dengan perulangan do…while pada dasarnya memiliki fungsi dan struktur yang sama, hanya saja perbedaanya terletak pada peletakan struktur code program dan pembacaan perintahnya. Jika pada while perintah dijalankan ketika kondisi sudah di cek, maka pada do…while perintah dijalankan terlebih dahulu kemudian pengecekan kondisi dilakukan di akhir.

Strukturnya seperti ini :

Inisialisasi;
do{
     code program yang akan dieksekusi;
     increment/decrement;
}while (kondisi_terminasi);

Dari struktur di atas terlihat jelas bahwa kondisi terminasi adalah hal yang terakhir dilakukan pada perulangan do… while. Artinya setelah inisialisasi nilai awal, lakukan saja apa yang ada di dalam { } selama kondisi terminasi terpenuhi. Mari kita lihat contohnya :

$i =0;
do{
    echo "I Love You <br>";
    $i++;
} while($i < 8);

Kali ini kita membuat perulangan kalimat yang sama sebanyak delapan kali.

Nah, seperti itulah perulangan dalam PHP. Ntar lanjut ke pengkondisian di PHP part-6 ya…

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *