Belajar PHP Untuk Pemula (PHP-Part 2)

php

Belajar PHP Untuk Pemula. Pada tulisan sebelumnya kita sudah mengulas pengenalan tentang PHP dan bagaimana cara menjalankannya untuk pertama kali. Nah, sekarang kita mau melanjutkan nih belajar tentang PHP dasar. Hal ini cukup penting karena dengan mengerti hal-hal mendasar pada PHP kita akan mudah memahami coding PHP selanjutnya.

Membuat file ber-ekstensi .php dan Menjalankannya

Pada materi sebelumnya kita menjalankan php dari tag HTML dasar. Tetapi sekarang kita mulai mencoba membuat sebuah file dengan ekstensi php. Tapi sebelum itu, sebaiknya kita menginstall terlebih dahulu aplikasi web server localhost seperti XAMPP, Apache2triad, AMPPS, dan lain sebagainya. Disini kita pakai XAMPP ya, softwarenya bisa diinstal secara gratis disitus berikut dengan memilih sesuai sistem operasi yang dipakai.

Setelah diinstall, kita akan memulai :

  • Pertama jalankan XAMPP yang sudah diinstall
  • Kemudian, pada menu action klik tombol start. Kali ini kita hanya perlu menyalakan Apache saja.
Setelah Apache dinyalakan maka tampilannya akan seperti ini
  • Selanjutnya bukalah windows Explorer dan menuju ke Local Disk C ->xampp->htdocs. Di dalam folder ini buatlah sebuah folder dengan nama phpdasar
Tampilan setelah folder phpdasar dibuat
  • Setelah itu kita bisa membuat file dengan ekstensi .php di dalam folder phpdasar (Kita bisa saja langsung membuat file .php di dalam folder htdocs tanpa harus membuat folder seperti phpdasar).
  • Untuk membuat file .php bisa dilakukan dengan cara langsung membuatnya di dalam folder atau bisa juga membuatnya dari text editor
  • Disini kita menggunakan Visual Studio Code. klik File -> Open folder.
  • Setelah folder terbuka (terlihat nama folder phpdasar) lalu klik tanda tambah file, kemudian ketikkan nama file seperti belajar.php sebagai berikut :
Tampilan setelah file dibuat
  • Ketikkanlah sintak php pada file tersebut
Disini kita tidak wajib membuat tag html

Untuk menjalankannya lakukan langkah-langkah berikut :

  • Tekan ctrl+s untuk menyimpan file.
  • Masuk ke web browser seperti chrome atau mozilla.
  • Ketikkan tempat penyimpanan file yaitu : localhost/phpdasar/belajar.php
Hasil setelah dijalankan

Nah begitulah cara membuat dan menjalankan file PHP. Berikut hal-hal lain yang perlu kita ketahui

Komentar

Komentar adalah baris program yang tidak dieksekusi dan tidak dianggap sebagai bagian dari bahasa program. Komentar biasa digunakan untuk menandai atau memberi keterangan baris program agar memudahkan pekerjaan programer.

Komentar bisa dibuat dengan format satu baris dan bisa pula dengan format lebih dari satu baris seperti ini :

Untuk membuat komentar secara cepat bisa pula dilakukan dengan cara menuliskan terlebih dahulu semua kalimat atau kata baik satu baris atau lebih, kemudian blok semua komentar dan tekan ctrl+tanda / dan hasilnya akan seperti ini :

Standart Output

Standart Output yang dapat digunakan untuk mencetak ke layar adalah :

  1. echo
  2. print
  3. print_r
  4. var_dump
Perhatikan perbedaan penggunaannya
Hasilnya

Dari contoh di atas dapat dilihat perbedaan penggunaannya ya. echo sama seperti print. <br> digunakan untuk membuat baris baru agar pada hasilnya setiap kalimat berjejer ke bawah.

print_r (“string”); Digunakan untuk memunculkan array namun dapat dipakai untuk memunculkan string.

var_dump (“string”); Digunakan untuk debugging karena menampilkan informasi tambahan seperti panjang string. Hal ini bermanfaat bagi programer namun tidak bermanfaat bagi user

Alat Output Bisa Menampilkan Tipe Data Apa Saja

Alat output tersebut bisa menampilkan tipe data apa saja seperti string, angka, bahkan boolean yaitu nilai true atau false.

echo "jum'at";
echo 'string'; 
echo 123;
echo true;
echo false;

tanda “” pada output bisa diganti dengan ‘ ‘ namun sebaiknya jika string seperti jum’at yang mengandung tanda ‘ digunakan tanda ” ” untuk menghindari kesalahan. Jika yang akan dicetak bukan string tetapi angka, tidak perlu tanda “”. Pada contoh di atasm true pada boolean akan menampilkan 1 dan false akan menampilkan 0 atau kosong pada layar.

PHP di Dalam HTML

Berikut adalah contoh PHP yang berada di dalam HTML :

PHP di dalam HTML
Setelah program dijalankan

Terlihat bahwa tag PHP berada di dalam tag HTML

HTML di Dalam PHP

Berikut adalah HTML yang berada di dalam PHP

HTML di dalam PHP
Hasilnya setelah dijalankan

Dari hasil di atas terlihat sama saja, namun sebenarnya ada perbedaan. Kedepannya kita akan lebih menggunakan PHP di dalam HTML.

Mengapa Harus Menggunakan Sintak PHP Jika Hasilnya Sama Saja?

Jika kita lihat sekilas sama saja namun jika kita klik kanan di browser dan pilih inspect, akan terlihat hasilnya di sebelah kanan seperti ini :

Tag HTML terlihat jelas seluruh code programnya seperti <h1>namun tag PHP tidak terlihat selain hasil outputnya. Tidak ada yang tau kita menggunakan echo atau print_r. Hal ini penting, untuk itulah php digunakan dalam manajemen database, code-code keamanan dan lain sebagainya untuk mengamankan isi web dari celah kejahatan pengguna.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *