Wed. Sep 28th, 2022
sukses berbisnis

Sukses Berbisnis – Menemukan ide bisnis. Kamu seorang ibu rumah tangga yang kepengen membantu ekonomi keluarga? atau seorang anak yang ingin membantu orang tua cari uang? mahasiswa yang pengen punya penghasilan tambahan? atau malah karyawan yang ingin membuka usaha sendiri?. Jadi pengen buka bisnis sendiri tapi masalahnya gak tau mau bisnis apa? Begitulah biasanya. Yuk temukan cara mencari ide bisnis.

Bagi sebagian orang saat merasa kebutuhan sangat banyak, namun pendapatan tak cukup untuk memenuhinya. Ada juga yang merasa kebutuhan sudah tercukupi namun perlu menyisihkan tabungan secara berkala.  Atau ada juga yang sudah menjadi karyawan namun tak mau bekerja di bawah tekanan selamanya. Faktanya sangat banyak diantara kita yang pengen membuka usaha, merintis dari awal, bertumbuh, hingga akhirnya berharap usaha tersebut mampu memenuhi segala impian. Seperti hari-hari yang nyaman saat menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa harus kerja, kebebasan hidup tanpa masalah keuangan, bisa melakukan dan meraih apapun yang diinginkan.

Tetapi permasalahannya adalah bagaimana menemukan ide bisnis? apa yang mau dijual? bisnis apa yang cocok digeluti?

Bahkan tak jarang ada yang bertukar-tukar objek bisnis. Hari ini jualan pakaian, kemudian mencoba juga aksesoris, hingga makanan. Ada yaang sudah mulai merintis, namun ditengah jalan merasa kurang cocok objek bisnisnya, akhirnya mengganti lagi.

Nah sebaiknya sebelum itu terjadi, ada baiknya menelaah dulu ide bisnis yang akan dikembangkan. Yuk, cek cara menemukan ide bisnis…

What is the problem?

Mulai dari melihat permasalahan yang terjadi di sekitar kita. Bisnis yang akan kita bangun dari nol sebaiknya merupakan solusi dari permasalahan yang terjadi di sekitar kita atau bahkan di masyarakat luas. Dengan begitu, poin paling penting dari sebuah bisnis sudah kita temukan yaitu “DIBUTUHKAN”. Saat suatu produk atau jasa sangat dibutuhkan, maka akan banyak orang yang membelinya.

Contohnya, perusahaan gojek pertama sekali membuat usahanya berdasarkan permasalahan yang ada yaitu saat seorang mau berangkat kerja di pagi hari, jalanan macet. Naik mobil atau angkutan umum pasti akan sangat memakan waktu. Maka gojek berupaya memberikan solusi atas permasalahan ini.

Mudah

Bagi kamu yang pengen buka usaha, apapun itu pastikan produk atau jasa tersebut mudah dihasilkan. Misalkan, kamu merasa bahwa di masyarakat sekitar terjadi permasalahan. Ibu rumah tangga sulit mendapatkan makanan olahan yang bahan dasarnya aman dikonsumsi anak, tanpa penyedap dan tanpa pengawet. Kamu ingin memberikan solusi berupa makanan olahan yang bahan dasarnya aman dikonsumsi. Nah tapi proses pembuatannya memakan waktu yang panjang. Sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu, apakah hal ini memungkinkan dan menguntungkan atau tidak. Banyak pebisnis yang berhenti karena produksi tidak dapat dilanjutkan saat permintaan sudah meningkat.

Mudah juga berkaitan dengan keahlian di bidang tersebut. Bagi sebagian orang sesuatu bisa menjadi mudah dilakukan jika dia ahli di bidang itu. Namun, tidak semua keahlian cocok dijadikan lahan bisnis. Kembali pada pasar dan kebutuhan masyarakat.

Permintaan dan Peluang

Pada dasarnya peluang bisnis muncul akibat dari permintaan pasar. Ada dua macam permintaan yang terjadi di masyarakat :

Permintaan Dasar

Permintaan dasar contohnya kebutuhan dasar manusia atau biasa kita sebut dengan kebutuhan primer berupa :

  • Semua orang butuh makan (kebutuhan pokok seperti sembako). Turunannya adalah makanan yang sudah dimasak seperti bisnis rumah makan.
  • Semua orang butuh pakaian
  • Semua orang butuh tempat tinggal

Percayalah bahwa kebutuhan yang tiga ini jika dijadikan bisnis, maka akan meraup keuntungan yang besar. Tetapi sebelum menjalankannya, pikirkan terlebih dahulu berapa modalnya dan bagaimana pengerjaannya.

Permintaan yang diciptakan

Selain permintaan dasar, ada beberapa permintaan yang diciptakan seperti :

  • Semua wanita butuh cantik
  • Ibu rumah tangga butuh susu dan makanan Mpasi untuk anaknya
  • Kedai kopi butuh makanan dan hiburan pendamping
  • dll

Semua permintaan yang diciptakan ini sebenarnya merupakan peluang bagi orang-orang yang mau mencari peluang dengan berpikir kreatif. Contohnya poin nomor satu, semua wanita butuh cantik. Hal ini membuat bisnis kecantikan tak ada matinya, selalu bertumbuh dan berkembang.

Menciptakan Peluang

Dari permintaan-permintaan di atas, kita dapat menciptakan peluang. Ada beberapa cara dalam menciptakan peluang.

Pindahkan Barangnya

Indonesia merupakan negara yang kaya raya. Banyak tanaman yang tumbuh di indonesia dan tidak ada di negara lain. Begitu pula dengan daerah-daerah di Indonesia, ada beberapa tanaman yang tumbuh di suatu daerah namun di daerah lain tidak ada. Hal ini kan menjadikan harga barang tersebut murah di daerah asalnya karena banyak ditemui, namun mahal di daerah lain karena tidak banyak ditemui.

Contoh : Apel malang. Pindahkan ke kota lain seperti medan karena apel malang di medan pasti akan lebih mahal daripada di daerah asalnya.

Sesuaikan Tempatnya

Tempat menjual sesuatu juga berpengaruh pada niali jualnya di daerah tersebut. Jadi usahakan untuk menlai dari kesesuaian tempat

contoh : Jual es di pantai, jual selimut di daerah pegunungan, jual jasa foto di daerah wisata, dll

Tambahkan Nilainya

Menambahkan nilai yang tinggi pada sesuatu yang murah merupakan peluang yang termasuk menguntungkan.

Contoh : kemiri harganya murah. Namun jika diolah menjadi minyak kemiri, harganya menjadi lebih tinggi.

Melihat Kondisi

Kondisi apapun yang terjadi seringkali mendatangkan peluang bagi mereka yang mau mencarinya. Misalkan saat pademi covid-19 melanda, bagi mereka yang bisa melihat peluang, ada banyak usaha yang dapat dilakukan. Seperti menawarkan jasa penjualan sayur online, mengemas jamu rempah-rempah menjadi minuman yang membantu meningkatkan imun, jasa titip keperluan rumah tangga dan lain sebagainya.

Contoh Menciptakan Peluang

Misalkan Ani adalah seorang mahasiswi yang kegiatan kesehariannya adalah belajar dan bergaul dengan banyak komunitas di kampusnya. Ani melihat seorang kakak kelasnya menjual pakaian ala korea yang sedang ngetrend. Selain itu bahan pakaian ini bagus dan banyak macamnya, pelanggan pun sangat suka dengan produk tersebut. Sikap yang dapat dilakukan Ani adalah meminta pada kakak kelasnya untuk menjadi reseller dan membantu menjualkan produk tersebut dengan harga pembelian reseller. Dengan adanya teknologi sosial media serta banyaknya teman ani, bisnis ini lumayan mendatangkan banyak pelanggan pada Ani. Tidak menutup kemungkinan bahwa Ani dapat mengembangkan bisnisnya.

Pengen Sukses Berbisnis?

Ketahuilah bahwa semua orang yang sukses berbisnis itu memiliki komitmen. Terus belajar, terus berkembang. Memiliki mental tidak takut jatuh bangun. Pebisnis sukses juga biasanya memperhitungkan keuntungan dan kerugian saat menjalankan bisnisnya. Keuntungan yang banyak dengan modal dan resiko yang paling minim juga biasanya membuat pebisnis cepat bertumbuh. Semoga kamu yang ingin sukses berbisnis dapat meraih impiannya.

Baca Juga : Pengen Berbisnis? Perhatikan hal-hal berikut!

 

 

By zaimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *