Wed. Sep 28th, 2022
Asam Lambung

Mengobati Penyakit Asam Lambung – Penyakit asam lambung memang sering terjadi. Ada gak sih yang merasa aktivitasnya sangat terganggu akibat penyakit yang satu ini? Yup, sebagian besar orang pasti pernah merasakan. Nah, tips kali ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ya. Cara ini ampuh mengobati penyakit asam lambung yang sudah sangat akut sekalipun. Walaupun cara ini berdasarkan pengalaman, namun cara yang digunakan tidak bertentangan dengan ilmu kedokteran ya.

Mungkin sudah banyak yang tau bahwa penyakit  yang satu ini terjadi akibat cairan asam lambung yang berlebihan. Pada dasarnya asam itu diproduksi untuk membantu mencerna makanan, namun karena terlalu banyak, cairan ini justru dapat merusak lambung. Pada kasus yang parah akan terjadi tukak lambung, yaitu kondisi lambung yang luka.

Yuk, coba dulu cara-cara ini siapa tau juga cocok dan pastinya tidak ada efek samping sama sekali.

Mengobati Penyakit Asam Lambung dengan Labu

Siapa sih yang gak tau labu kuning. Benda yang biasa disimbolkan dengan halloween ini termasuk ampuh mengobati penyakit asam lambung hingga tukak lambung. Caranya begini ya:

  • Cuci labu hingga bersih, kemudian belah tanpa mengupas kulitnya
  • Buang bijinya
  • Masukkan gula merah ke dalam labu yang sudah setengah
  • Kukus hingga matang
  • Makan saat perut kosong seperti cara memakan kelapa muda.

Namun begitu bisa juga dikukus dengan cara dipotong-potong seperti biasa ya. Tidak mengupas kulitnya hanya sebagai opsi agar kandungan yang menempel di kulit bagian dalamnya tidak terbuang.

Banyak manfaat dan kandungan baik dari labu kuning ini, salah satunya adalah labu ini mengandung banyak serat yang dapat melancarkan pencernaan. Saat sistem pencernaan lancar, maka asam lambungpun netral kembali.

Mengobati Penyakit Asam Lambung dengan Pati Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rimpang yang sangat mudah ditemukan di negara kita. Tumbuhan yang berwana kuning ini sangat efektif dimanfaatkan sebagai obat penyembuhan luka pada organ dalam termasuk lambung. Jenis kunyit juga banyak. Pada dasarnya, untuk pengobatan penyakit lambung boleh saja menggunakan kunyit yang mana saja bahkan yang ada di dapur. Namun alangkah baiknya kunyit yang digunakan adalah “Induk Kunyit” atau jenis kunyit yang besar dan warnanya lebih pekat dari kunyit biasa.

Cara pemakaian :

  • Cuci dan kupas 2-3 ruas kunyit
  • Kemudian haluskan atau parut
  • Peras dan ambil airnya (hasilnya akan menjadi sedikit)
  • Tambahkan satu sendok makan madu
  • Minum 1 jam sebelum makan

Jika kita malas untuk membuat ramuan ini, boleh-boleh saja mengkonsumsi herbal berbahan kunyit. Namun pastikan ya bahwa herbal itu aman dan bahannya bener-benar dari kunyit murni.

Bubur Kacang Hijau Sebagai Kudapan Penderita Penyakit Asam Lambung

Penderita penyakit asam lambung biasanya tidak bisa makan dalam porsi besar. Sebagai gantinya, kita akan merasa lapar dalam beberapa waktu setelah makan. Nah, sebaiknya kudapan yang kita konsumsi di jam-jam berasa lapar adalah makanan yang tidak memicu kenaikan asam lambung. Alangkah baiknya kudapan ini justru jenis makanan yang termasuk dalam terapi pengobatan seperti kacang hijau.

Kacang hijau memiliki kandungan beragam seperti zat besi, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan serat. Diantara banyaknya kandungan baik dari si kacang hijau ini, bagi kita penderita penyakit asam lambung, serat yang dikandungnya dapat melancarkan pencernaa. Selain itu tekstur isinya yang padat sangat cocok dikonsumsi untuk meredakan sakit di lambung.

Cara mengonsumsi :

  • Cuci dan rebus kacang hijau
  • setelah tekstur kacang mulai lembut, tambahkan gula merah atau gula putih sesuai selera

NB : jangan merebus kacang sampai hancur, pastikan isi kacang masih padat namun sedikit lunak.

Mengontrol Emosi dan Pikiran

Mengontrol emosi dan pikiran sangat penting bagi penderita penyakit asam lambung. Pasalnya, pikiran yang tak menentu, over thinking, rasa bersalah, sedih, dan lain sebagainya sangat memicu naiknya asam di lambung. Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh setress dan perasaan tak menentu. Sebaliknya, perasaan bahagia akan membuat kita lebih sehat dan bugar.

Oleh karena itu, perlu mengontrol emosi dan perasaan. Saat perasaan mulai terusik, stress mulai terasa sebaiknya kelola perasaan dengan melakukan hal-hal yang dapat meringankannya, agar penyakit asam lambung pun tidak ikut kambuh.

Baca juga : Tips Move On dari Rasa Sedih

Hindari Pantangan Penyakit Asam Lambung

Mengobati penyakit saja tidak cukup untuk mengatasi masalah di lambung. Beberapa makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan kembali asam di lambung. Saat kita mengkonsumsi makanan tanpa memperhatikan apakah makanan ini aman untuk di konsumsi atau malah membahayakan lambung, maka saat itu pula pengobatan yang kita lakukan akan kalah dengan resiko dari makanan tersebut.

Ada beberapa makanan yang dapat memacu naiknya produksi asam di lambung. Sebenarnya, asam lambung ini sangat baik. Namun kita sendiri yang terkadang salah mengonsumsi makanan yang memicu lambung mengeluarkan asam yang banyak.

1. Makanan Yang Terlalu Pedas

Penderita penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Makanan yang terlalu pedas berpotensi merangsang lambung untuk meningkatkan jumlah asam di lambung untuk mencernanya. oleh karena itu, penderita asam lambung biasanya akan mengeluhkan rasa sakit beberapa saat setelah mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Rasa sakit ini terasa naik dari lambung hingga tenggorokan disertai rasa terbakar.

2. Makanan Yang Sulit Dicerna

Pendertia asam lambung baiknya tidak makan makanan yang sulit dicerna. Kesulitan mencerna makanan akan memicu naiknya jumlah asam lambung yang pada dasarnya berfungsi untuk menghancurkan makanan di lambung. Makanan yang sulit dicerna seperti makanan yang terlalu keras, olahan daging, lemak hewan, dan lain sebagainya selalu mengakibatkan lambung terasa tidak nyaman. Oleh karena itu sebaiknya penderita asam lambung jangan mengonsumsi makanan yang sulit dicerna dalam jumlah banyak.

3. Makanan Yang Mengandung Pengembang

Makanan yang mengandung pengembang seperti roti pada dasarnya sangat cepat memicu naiknya asam lambung. Entah mengapa begitu atau semua penderita penyakit asam lambung merasakan hal yang sama, terlepas dari itu sebaiknya pilihlah roti atau kudapan yang bertekstur padat tanpa pengembang.

4. Makanan dan Minuman Yang Mengandung Zat Berbahaya

Makanan dengan zat berbahaya seperti alkohol, minuman bersoda, saos yang tidak lulus uji klinis, makanan dengan penyedap dan pewarna berbahaya, dan lain sebagainya sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Biasanya, penderita asam lambung sangat sensitif dengan makanan-makanan yang mengandung zat berbahaya. Lambung akan secara otomatis memberikan sinyal berupa rasa sakit dan tidak nyaman saat makanan dengan zat berbahaya masuk ke dalamnya. Maka, pilihlah untuk mengonsumsi makanan yang baik di lambung agar lambung sehat dan aktivitas lancar.

5. Makanan dan Minuman Yang Mengandung Asam

Salah satu pemicu asam yang meningkat adalah asam itu sendiri. Jadi, sebaiknya penderita penyakit asam lambung tidak mengonsumsi makanan yang mengandur zat asam tinggi. Namun, ada beberapa makanan yang mengandung asam tetapi malah mampu mengobati penyakit asam lambung ya.

Makanan Mengandung Asam Namun Baik Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung

Tidak semua zat asam akan memicu asam lambung. Ada juga zat asam yang ketika berjumpa dengan asam lambung justru bersahabat.

Lemon

Lemon pada dasarnya memiliki zat asam, namun jika dikonsumsi dengan cara yang benar justru akan mengurangi nyeri akibat penyakit asam lambung.

Cara konsumsi :

  • Cuci dan potong lemon
  • Ambil setengah buah saja, peras airnya
  • Tambahkan 3 sendok makan madu
  • Seduh dengan air hangat

NB : Atau boleh juga direndam dalam air hangat setelah dipotong-potong, dan dijadikan infus water

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga baik dikonsumsi penderita asam lambung asalkan dikonsumsi dengan cara yang benar.

Cara konsumsi :

  • Geprek satu ruas jahe
  • Seduh dengan air panas
  • Setelah air hangat, peras setengah buah jeruk nipis

NB : Boleh saja mengonsumsi jeruk nipis dengan air tanpa jahe, namun tetap kontrol jumlah cairan jeruk nipisnya ya. Jangan sampai berlebihan dan terlalu asam.

Nenas

Siapa sangka nenas bisa juga dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Ternyata mengonsumsi jus nenas atau air rebusan nenas di pagi hari dapat dijadikan sebagai obat asam lambung. Tapi harus tetap hati-hati mengonsumsi nenas dengan kadar rasa asam yang terlalu tinggi ya, perhatikan juga jumlahnya. Jika makan nanas sebagai cemilan di siang atau malam hari, sebaiknya makanlah saat perut tidak kosong.

 

 

 

 

 

 

By zaimah

4 thoughts on “Cara Ampuh Mengobati Penyakit Asam Lambung”
  1. Nanti saya coba saran makan labu kuning dan kacang hijaunya. Saya juga minum air tajin dan lumayan bagus hasilnya buat ngatasin asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *