Tips Agar Usaha Terus Berjalan & Sukses

usaha
usaha

Tips Agar Usaha Terus Berjalan & Sukses . Setelah bersusah payah melalui proses panjang mulai dari menentukan usaha yang tepat, merencanakan dengan matang, membangun usaha, hingga ahirnya berjalan dengan baik, perjuangan belum berhenti disitu saja, sekarang justru timbul tugas yang yang lebih sulit. Yup, bagaimana caranya agar usaha terus berjalan.

Biasanya, saat terjadi order, belum tentu orang yang telah melakukan order akan melakukan repeat order. Repeat order sering menjadi PR besar bagi pebisnis. Agar usaha terus berjalan, kita perlu mendapatkan new order dan repeat order setiap harinya. Artinya, walau ada pelanggan baru, kita juga perlu memelihara pelanggan yang sudah membeli agar kembali membeli produk yang kita jual dibanding membeli produk pesaing.

Nah, berikut ini tips agar pembeli terus berdatangan sehingga usaha terus berjalan dan menjadi besar.

1. Strategi Posting Konten Usaha

Posting konten usaha memang wajib dilakukan oleh pelaku usaha. Namun strategi posting konten yang tepat akan lebih baik bagi kelangsungan usaha. Lalu bagaimana strategi posting konten yang tepat?

1. Berkesinambungan

Posting yang terus menerus dilakukan cenderung lebih baik bagi usaha kita daripada posting yang tidak dilakukan secara terus menerus. Pasalnya, saat kita melakukan posting konten, bisa saja seseorang tertarik namun belum yakin ingin membeli. Saat calon konsumen tersebut melihat kembali pada kali ke dua atau ketiga, konten yang bertugas memberikan keyakinan sedikit demi sedikit hingga calon konsumen yakin ingin membeli.

Posting yang berkesinambungan akan selalu mengingatkan siapa saja yang melihatnya tentang produk yang kita punya. Bisa jadi, ada seseorang yang sebenarnya tidak berniat membeli produk tersebut namun karena sudah terbiasa melihat konten yang kita suguhkan, ia menjadi tertarik dan selanjutnya merekomendasikan produk kita untuk dilihat oleh orang lain.

2. Menarik dan Kekinian

Bercerita tentang konten pastinya selalu menyangkut hal-hal yang menarik dan kekinian. Konten yang menarik dan kekinian akan selalu mengundang pemirsa untuk betah memperhatikan konten yang dibuat baik berupa video, gambar, dan tulisan.

Untuk dapat membuat konten yang menarik dan kekinian ada baiknya banyak-banyak memperhatikan akun-akun bisnis yang terlebih dahulu sukses. Selain itu, perangkat aplikasi pada zaman ini banyak menyediakan fasilitas untuk membuat konten yang menarik dan kekinian, jadi gak perlu risau dan bingung ya.

3. Gunakan Akun Bisnis

Menggunakan akun bisnis baik di instagram, facebook, atau whatsApp bisnis, sangat baik bagi usaha kita. Karena akun bisnis pastinya menyediakan tools yang sedikit banyaknya akan membantu perkembangan bisnis yang dilakukan.

4. Manfaatkan Feed & Story Sebaik Mungkin

Tidak hanya pada akun media sosial loh, feed dan story sudah dapat juga digunakan pada marketplace seperti Shoope. Penggunaan kedua fasilitas ini sangat membantu jika kita tekun melakukan posting yang baik.

Banyak peselancar dunia maya yang suka jalan-jalan di marketplace, suka iseng-iseng melihat story maupun feed secara bergantian. Pelaku usaha harus mampu memanfaatkan ini sebagai lahan untuk mempromosikan usahanya.

Sebagaimana yang kita tau, berbeda dengan feed, postingan story akan hilang dalam 24 jam. Namun ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan untuk mengelompokkan dan menyimpan story yang sudah dibuat. Jangan lupa gunakan fasilitas ini juga agar para pelanggan bebas berselancar di akun kita untuk melihat apa saja yang mereka ingin lihat.

5. Lakukan Siaran Langsung

Sama seperti feed dan story, siarang langsung sudah dapat dilakukan dibanyak media.

Melakukan siarang langsung termasuk hal penting di dalam bisnis online. Siarang langsung dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen terkait produk yang kita miliki. Tak dapat dipungkiri secara pribadi setiap orang ingin melihat secara langsung produk yang dijual, koleksi warna, bentuk detail, dan lain sebagainya. Dengan siarang langsung, konsumen lebih puas untuk melihat-lihat produk tanpa harus mendatangi langsung lapak berjualan kita.

2. Soft selling

Soft selling menjadi trend ahir-ahir ini. Jelas saja karena banyak saingan, para pelaku bisnis harus cerdas memikat hati pelanggan. Posting yang melulu tentang tawaran produk juga akan membuat pelanggan bosan.

Berbeda dengan posting bisnis biasanya yang blak-blakan menawarkan produk pada konsumen, soft selling dapat dilakukan dengan banyak cara misalnya dengan bercerita tentang suatu peristiwa, memberikan resep masakan, memberikan tips kesehatan, membuat tulisan tentang nasehat-nasehat, dan lain sebagainya. Tapi jangan lupa pada postingan yang kita buat tersebut kita menyelipkan baik nama akun media sosial bisnis kita, atau produk yang kita jual.

Belum paham? contohnya begini. Kita menjual saos, nah kita membuat tulisan berbagi resep masakan, di dalam konten jangan lupa menyebutkan merk saos yang kita punya. Misalnya lagi kita menjual baju muslim dengan nama akun instagram @muslim_nyaman. Kita bisa membuat postingan quote muslim dengan gambar, diakhir gambar kita cantumkan nama instagram tadi.

Sudah banyak sih orang-orang melakukan soft selling jadi hal ini akan sangat mudah dilakukan.

3. Buatlah Inovasi Penjualan

Menjual tak melulu harus seperti penjualan biasanya, perlu dilakukan inovasi agar konsumen terus mengingat produk kita dibandingkan produk pesaing yang menjamur.

Contoh inovasi penjualan yang banyak kita lihat ahir-ahir ini ialah dengan membuat paket-paket. Misalnya membuat paket dengan nama “Paket bahagia” yang berisi beberapa paduan produk (kentang goreng+burger+teh) dengan harga paket yang sedikit lebih hemat bagi pembeli.

Ini hanya contoh, silahkan membuat inovasi lainnya dengan ide-ide kreatif yang membuat pelanggan tertarik membeli. Namun ingat ya, harus tetap mendapatkan untung yang pantas.

4. Libatkan Konsumen dan Beri Hadiah

Melibatkan konsumen merupakan salah satu cara branding loh. Iya, dengan begitu produk kita akan lebih dekat diingatan konsumen.

Contoh cara melibatkan konsumen ialah dengan membuat kompetisi. Misalnya kompetisi membuat nama makanan yang unik untuk menu olahan jagung dan mempostingnya di akun media sosial. Nah, bagi pemenang berikan hadiah yang pantas dan abadikan nama yang dibuat menjadi nama menu tersebut. Dengan begitu pemenang akan merasa senang dan mengajak kenalannya mencoba menu yang ia beri nama tersebut.

5. Rayakan Hari-hari Besar dan Hari Penting Bagi Konsumen

Pernah gak sih mendapatkan sms atau email dari suatu perusahaan yang mengucapkan selamat ulang tahun? Yap, ini salah satu cara perusahaan tersebut untuk menunjukkan rasa empatinya pada kita. Ini penting untuk membuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan.

Bukan hanya hari special konsumen, kita juga bisa mengadakan diskon-diskon special di hari-hari besar misalnya hari raya, hari kemerdekaan, maulid nabi dan lain sebagainya. Dengan cara ini konsumen akan mengingat apa yang kita lakukan.

6. Iklan di Level yang Lebih Tinggi

Jika usaha kita sudah menjejaki level berjalan, sudah saatnya kita memikirkan level yang lebih tinggi.

Iklan berbayar yang bisa kita adakan di akun-akun media sosial seperti fb, TikTok dan instagram ternyata bisa membuat produk kita menjangkau lebih banyak calon konsumen. beriklan di Ads membuat banyak produk biasa menjadi lebih besar, maka sebaiknya jangan takut rugi mengeluarkan modal untuk beriklan. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya pelajari terlebih dahulu konsepnya.

Nah, itulah beberapa tips untuk membuat usaha terus berjalan, berkembang, dan mudah-mudahan sukses.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *