Cara Membuat Variabel pada PHP (PHP Part-3)

Operator pada PHP

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas dasar-dasar PHP mulai dari pengenalan, cara menjalankan dan beberapa materi dasar lainnya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang variabel. Seperti pada bahasa pemrograman lainnya, Variabel juga merupakan hal yang mendasar pada PHP.

Variabel pada PHP

Pada artikel yang sudah lalu kita pernah membahas variabel secara panjang lebar pada tutorial bahasa C. Karena PHP merupakan salah satu turunan dari Bahasa C, konsep variabel pada bahasa C sama dengan pada PHP. Yaitu variabel dibuat untuk menjadi wadah sebagai tempat menyimpan data yang dapat dipanggil dengan hanya memanggil nama variabelnya. Baca selengkapnya disini.

Cara Membuat Variabel pada PHP

Kita gak bahas pengertian variabel ya teman-teman karena sudah pernah kita bahas, dan kamu cukup klik pada link di atas yang menjelaskan tentang variabel.

Kita langsung aja belajar cara membuat variabel pada PHP.

Membuat variabel pada PHP pada dasarnya sama ketentuannya dengan pada Bahasa C :

  • Tidak boleh ada spasi, boleh diganti dengan underscore (_)
  • Tidak boleh menggunakan tanda kurang (-) karena dianggap operator kurang
  • Tidak boleh diawali dengan angka, tapi boleh mengandung angka

Cara membuatnya seperti ini ya. Pertama jangan lupa membuatnya di dalam sintak PHP. Kemudian untuk membuat variabel buatlah tanda dolar ($) diikuti nama variabel contohnya disini nama jadi $nama. kemudian isi variabel tersebut dengan nilai yang kita inginkan. Jika nilainya string maka apitlah dengan tanda “” atau ”.

Cobalah tampilkan dengan sintak echo atau yang lainnya.

<?php 
$nama = "Zaimah";
echo "Hai $nama";
?>

Maka hasilnya akan seperti ini :

Penggunaan Variabel dengan Operator pada PHP

Penggunaan variabel pada PHP tidak berbeda dengan bahasa program lainnya. Biasanya dipakai saat akan menggunakan operator. Misalnya ingin menjumlahkan isi variabel pertama dengan variabel lainnya, maka digunakan operator penjumlahan.

Kembali kepada fungsinya, variabel digunakan untuk menyimpan nilai yang dapat dipanggil. Oleh karena itulah penggunaan variabel sangat dibutuhkan dalam banyak operasi yang menggunakan macam-macam operator.

Bagimana cara menggunakan variabel dalam operasi dengan operator? silahkan baca selengkapnya disini.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *