Target Pasar Kuliner Mahasiswa?, Cobalah Ide-Ide berikut!

Target Pasar Kuliner

Target pasar kuliner pada dasarnya ada banyak kalangan atau bahkan semua kalangan. Namun banyak orang membuka usaha di daerah kampus. Hal ini pastinya membuat target pasar utama bisnis ini adalah mahasiswa. Mahasiswa dikenal dengan segala keterbatasan uang jajan. Mereka lebih suka membeli makanan seadanya asalkan bisa membeli paket data yang besar. Tak jarang juga para mahasiswa lebih memilih pergi karauke atau nonton daripada jajan di daerah kampus. Hal ini menjadi masalah bagi kita yang punya target pasar utama mahasiswa selain harga jajan yang kita tawarkan harus lebih ramah di kantong mereka. Beberapa ide berikut mungkin bisa kita coba untuk memikat mahasiswa untuk menjadi pelanggan tetap.

Baca Juga : Pengen Berbisnis? Perhatikan Hal-Hal Berikut!

1. Tempat, mahasiswa suka nongkrong.

Bagi mahasiswa tempat adalah hal yang paling utama, karena pada dasarnya mahasiswa sangat suka dengan istilah “nongkrong”. Apalagi jika wifi di tempat nongkrong ini cukup cepat, mereka akan berbondong-bondong datang kesana hanya untuk menghabiskan waktu berwifi ria dan tentunya membeli jajanan yang kita tawarkan. Bisa saja membeli jajanan sedikit tapi berwifi lama-lama haha… Tapi hal ini cukup baik karena mereka akan beramai-ramai datang dan sukur-sukur menjadikan tempat bisnis kita menjadi tempat wajib buat nongkrong.

Jadi gimana donk kalau kita gak punya tempat yang cocok untuk ditongkrongi?, misalkan bisnis kita hanya kecil-kecilan dengan steling seadanya. Nah, mungkin ide berikutnya bisa diterapkan ya.

2. Buat give away

Mahasiswa biasanya suka dengan yang gratisan, ini bisa kita jadikan senjata untuk kesuksesan usaha kita yang target pasarnya adalah mahasiswa. Tetapi tentu saja kita harus tetap memperhatikan keuntungan untuk usaha kita ya. Gimana caranya kita memberikan give away namun kita tetap mendapatkan keuntungan dari kegitan ini?

Mungkin kita bisa membuat give away sebuah produk dengan syarat pembelian beberapa produk, kemudian follow akun media sosial kita dan tag beberapa teman. Hal ini akan mendatangkan followers baru di akun media kita dan membuat beberapa orang yang penasaran akan mencoba membeli produk kita.

3. Buat kompetisi

Mahasiswa sangat suka berkompetisi, kompetisi akan mendatangkan gairah bagi sebagian orang. Agar target pasar kita yang merupakan mahasiswa terus berlangganan jajanan di outelt kita, tak ada salahnya jika sesekali kita mengadakan kompetisi. Misalnya kompetisi share video nyicipin produk kita dengan syarat tag tiga orang teman misalnya. Tak mengapa hadiah yang kita tawarkan sederhana saja, mereka akan dengan senang hati berbagi video sebagai salah satu kegiatan menyenangkan atau sekedar seru-seruan dengan teman-teman sambil makan. Disamping itu keuntungan bagi kita berupa followers akun dan pembelian produk. Anggap saja pemberian hadiah sebagai sedekah, hehe.

4. Buat even Promo

Mahasiswa sangat suka dengan promo, even promo juga bisa kita lakukan agar mahasiswa tertarik untuk membeli jajan di tempat kita. Even promo ini bisa seperti apa aja ya kawan, entah itu beli satu gratis satu, atau promo gratis makanan untuk yang sedang berulang tahun, atau apa saja yang membuat mahasiswa merasa dekat dengan produk kita. Namun jangan lupa, kita harus tetap mendapatkan keuntungan di even ini.

5. rasa dan pelayanan

Rasa dan pelayanan tetap menjadi hal yang paling penting di atas segalanya. Tak akan ada artinya segala macam bentuk ide di atas jika rasa dan pelayanan yang kita tawarkan tak berkenan di hati pelanggan. Karena menjual makanan artinya menjual rasa, maka rasa harus diperhatikan. Rasa yang enak akan terus membuat para pelanggan rela membeli walau uang yang dikeluarkan akan mengesampingkan keperluan lain. Pelayanan yang baik juga akan membuat pelanggan nyaman. Ketika rasa dan pelayangan menyenangkan, maka bisnis kuliner kita akan dekat dihati pelanggan, meskipun mahasiswa.

6. Tawaran Menjadi Reseller

Mahasiswa biasanya suka mendapatkan tambahan uang jajan. Iming-iming mendapatkan keuntungan dengan menjadi reseller akan disambut dengan baik jika kita pandai memberikan penawaran pada mereka. Namun begitu menjadikan mahasiswa reseller bukanlah hal yang mudah karena tidak banyak diantara mereka yang pandai dan mau menjadi mitra kita, oleh karena itu kita harus membuat skema yang jelas tentang kemitraan reseller ini agar memikat hati mereka untuk menjadi reseller yang baik untuk produk kita.

Target Pasar Kuliner Mahasiswa?, jangan menyerah jika penjualan menurun ya… Nah, ini beberapa ide yang mungkin bisa kita coba ya kawan. Semoga membantu ya…

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *