5 Tips Move On dari Rasa Sedih

Tips Move On

Assalamualaikum sobat komputerkata, apa kabar? semoga terus dalam keadaan baik dan sehat ya. Oiya nih sobat komputerkata, kamu udah move on belum dari rasa sedih yang kamu alami kemarin, minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu atau bahkan hari ini? pengen tau caranya supaya mudah move on dari rasa sedih? simak nih, 5 tips move on dari rasa sedih yang mungkin belum kamu praktekkan ya…

1. Berpikir Positif

Sobat, berpikir positif memang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Yap, setiap merasakan kesedihan, umumnya nih kita merasa menjadi orang paling malang di dunia. Pikiran-pikiran buruk lainnya akan berdatangan mengisi kegalauan kita. Tak jarang kita berpikir bahwa takdir tak adil bagi kita, atau terkadang kita menyalahkan diri sendiri bahkan terkadang kita menyalahkan Tuhan.

Sobat, sebaiknya pikiran seperti ini kita coba tepiskan jika tiba-tiba datang dalam benak kita. Gimana cara menepiskannya? Nah, coba ambil segelas air putih dingin, minum lah dengan tenang. Kemudian, tarik nafas dalam dan hembuskan perlahan. Setelah pikiran mulai terasa tenang, coba ingatlah hal-hal baik yang pernah terjadi, dan anggaplah masalah yang sedang kita hadapi adalah cobaan atau ujian yang kita terima karena kita hebat dan sanggup menerimanya.

Setelah kita mulai berhasil berpikir baik, kemudian lanjutkan dengan mencoba mengambil hikmah atau pelajaran berharga dari pengalaman buruk yang kita terima.

2. Bangkit dari Keterpurukan

Terkadang saat sedih, kita suka berlama-lama membenamkan diri dalam kesedihan. Tak jarang kita malas beraktivitas, berdiam di atas kasur, mengunci diri di dalam kamar, bahkan tidak mau makan apapun. Tak baik berlama-lama dalam keadaan seperti ini ya sobat. Mengapa? Jawabnya jika kita berlama-lama dalam kondisi ini, maka kesedihan akan terus menusuk di hati kita yang pada ahirnya membuat kita semakin terpuruk dan tidak bisa move on.

Cara terbaik untuk kamu move on… Bangkit dari tempat tidur, keluar dari kamar, kemudian mandi dan berpenampilanlah yang rapi, jangan lupa untuk makan agar kamu mempunyai tenaga yang kuat. Kemudian, pergilah ke suatu tempat bersama sahabat atau kerabat dekat, agar mereka turut menghiburmu. Mudah-mudahan dengan cara ini, sedikit luka hatimu mereda, walau tak mungkin sembuh semua, paling tidak kamu masih punya cara untuk sedikit meredamnya.

3. Lakukan Hobi-hobi yang Menyenangkan

Setiap orang mempunyai hobi. Melakukan hobi pastilah suatu hal yang menyenangkan. Nah, disaat hati sedih, salah satu cara ampuh untuk move on adalah dengan melakukan hobi yang menyenangkan.

Mengapa demikian? karena dengan melakukan hobi yang kita sukai, sedikit dari pribadi kita akan terhibur hingga kita akan sedikit lupa dengan kesedihan yang kita alami. Dengan begitu, sedikit demi sedikit kesedihan akan terkikis, hingga pada ahirnya kita akan move on.

4. Berbagi dengan Sahabat

Memendam kesedihan sendirian bukanlah hal yang baik. Semakian kita memendam dan menutupi kesedihan kita dari keluarga dan sahabat, akan semakin dalam kesedihan yang kita hadapi. Perasaan terpuruk, kesepian, sendirian tak jarang membuat dada semakin sesak. Nah, disinilah peran sahabat sangat kita perlukan.

Sahabat adalah tempat terbaik bagi kita untuk berbagi. Sahabat akan selalu ada untuk mendengarkan keluh kesah kita, memberi masukan, berusaha menenangkan, bahkan terkadang memotivasi kita untuk bangkit. Terkadang ada juga sahabat yang menasehati kita dengan perkataan yang mungkin menjadi solusi baik untuk meredamkan kesedihan kita.

5. Tersenyumlah

Memang kelihatannya sangat sepele. Yup, tersenyum akan menyembuhkan sedikit luka hati. Ada pepatah yang mengatakan, “tersenyumlah maka kau akan bahagia”. Perkataan ini ada benarnya kok. Coba deh saat kamu sudah sedikit merasa lega dari semua kesedihan yang kamu hadapi, berpenampilanlah menarik, kemudian tersenyum di depan kaca. Yakinlah setelah itu, akan ada rasa sedikit membaik yang masuk di dalam hatimu.

Kemudian, ketika melihat orang lain, cobalah untuk tersenyum tulus pada mereka, setelah itu sebagian atau bahkan mereka semua akan membalas senyum kita dengan senyum yang indah. Saat itu, rasa bahagia akan menyusup di hati. Semakin banyak orang yang membalas senyummu dengan indah, akan semakin besar rasa bahagia yang akan kamu rasakan. Lama kelamaan, kamu akan mampu untuk move on.

Nah, sobat sekalian itulah tips untuk move on dari rasa sedih. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan saat merasa sedih. Dan, Semoga kita semua bisa bahagia dan selalu bersyukur ya. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *