Wed. Sep 28th, 2022
cara menjaga mata

Cara menjaga mata agar tetap sehat. Tau gak sih, semakin canggih teknologi, kesehatan manusia juga semakin menurun. Salah satu masalah yang sering terjadi yang berkaitan dengan kesehatan adalah mata. Yup, teknologi yang canggih seperti sekarang ini membuat banyak orang bahkan kita sendiri merasa mata kita sudah mulai tidak sehat akibat banyak melihat layar komputer atau gadget dan kita tidak tau cara menjaga mata. Gimana enggak, setiap saat mata kita ini enggan rasanya beranjak dari gawai dengan alasan apapun itu. Ada yang memang pekerjaan menuntutnya untuk terus berhadapan dengan layar komputer atau gadget, ada juga yang memang karena terlena dengan gawai hingga lupa waktu.

Apapun alasannya, mata kita sudah mulai meminta untuk diberi perhatian agar tetap sehat walaupun setiap hari bahkan hampir setiap saat sulit lepas dari layar laptop atau gawai. Nah berikut 5 cara menjaga mata agar tetap sehat.

1. Menjaga Mata Menggunakan Kaca Mata Anti Radiasi

Tips satu ini pastinya udah banyak yang tau donk. Menggunakan kaca mata anti radiasi sangat penting agar mata kita tidak langsung menatap layar komputer atau gawai. Apalagi bagi mereka yang tiap hari punya intensitas waktu yang panjang berhadapan dengan layar komputer atau gawai, sebaiknya tidak meninggalkan kaca mata agar mata lebih terjaga.

Tapi saya orangnya malas pakai kacamata, atau saya gak telaten pakai kacamata, sering rusak, sering lupa, atau sering ketinggalan bahkan kehilangan kacamata….

Tenang, masih ada cara lainnya yang mungkin juga membantu kok.

cara menjaga mata

2. Mengistirahatkan Mata dalam Rentang Waktu Tertentu

Mengistirahatkan mata dalam rentang waktu tertentu sangat penting loh. Sesibuk apapun atau se terlena apapun kita dalam melihat layak komputer dalam bekerja atau gawai dalam berselancar di dunia maya atau menonton, dan lain sebagainya, mengistirahatkan mata sebentar saja dalam rentang waktu tetentu amatlah penting. Sebainya, aturlah waktu untuk mengistirahatkan mata dalam beberapa selang waktu tertentu agar mata tidak terlalu lama menatap layar tanpa beristirahat.

3. Olahraga Mata

bagaimana cara olahraga mata dan kapan waktunya? Olah raga mata dilakukan dengan cata memilih tempat yang luas dipandang, kemudian melihat dengan fokus pada suatu objek tertentu yang sangat dekat dengan mata, kemudian beberapa menit berikutnya beralih melihat objek tertentu yang sangat jauh dengan pandangan mata. Lakukan dengan berulang, lihat dekat-lihat jauh hingga beberapa kali sehingga otot mata terasa lebih rileks.

Kapan sebaiknya olahraga mata ini dilakukan?

Sebaiknya olahraga mata ini dilakukan saat kita mengambil jeda istirahat mata dari melihat layar komputer atau gadget sesuai dengan tips pada poin 2. Ada juga yang mengatakan bahwa olahraga mata ini baik dilakukan di pagi dan sore hari dengan mendatangi area terbuka, dan lebih baik lagi jika objek yang dipilih untuk dilihat adalah dedaunan yang berwarna hijau.

4. Membuat Mode Gelap atau Redup Pada Layar Perangkat

Banyak dari kita yang lupa untuk mengaktifkan mode redup pada layar perangkat komputer atau gadget. Padahal ini sangat penting agar mata tidak terlalu letih melihat cahaya yang terang secara terus menerus.

Selain membuat mode redup pada layar, ada baiknya juga jika kita membuat mode gelap pada beberapa aplikasi yang bisa diatur mode tampilannya seperti mode gelap pada layar chat aplikasi WhatsApp, sosial media, dan lain-lain apalagi aplikasi yang paling sering dilihat.

5. Banyak Makan Sayur dan Buah

Ini adalah hal yang mungkin semua orang tau dapat menjaga kesehatan mata. Gemar makan buah dan sayur sudah terbukti secara ilmiah menjadi cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Sebagaimana yang kita ketahui bahkan ada beberapa jenis buah dan sayur yang kandungannya memang sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata seperti buah dan sayur yang mengandung Vit A.

Ada baiknya juga sesekali konsumsi jus buah atau sayur untuk mendapatkan nutrisi yang lebih baik saat konsumsi vitamin pada buah dan sayur. Beberapa tips yang ampuh adalah rajin mengonsumsi sayur setiap kali makan, selain itu ada tips lain seperti mengonsumsi jus wortel sebanyak setengah kilogram sebelum tidur dan bangun tidur. Ada juga yang menaja mata dengan memakan buah rimbang mentah. Nah dari sini kita sadar bahwa kembali pada gaya hidup dan konsumsi makanan sehat pada dasarnya akan membuat mata dan tubuh akan lebih sehat

Artikel lainnya : Cara ampuh mengobati asam lambung secara alami

By zaimah

15 thoughts on “Tak bisa jauh dari komputer atau gadget? Berikut 5 cara menjaga mata agar tetap sehat”
  1. Nice info kak! Sebagai karyawan yang kerja 9 to 5 setiap hari yang menatap layar terus menerus, emang perlu banget menjaga mata agar tetap sehat. Makasih yaa sudah sharing tipsnya

  2. Bagus banget tips menjaga kesehatan mata, karena nikmat yang paling sering diabaikan salah satunya adalah kesehatan mata. Dengan mata, semua bisa dilakukan dan direspon dengan baik. Mode redup pada layar gadget masa kini sudah sangat membantu menjaga kesehatan mata ya..

  3. Dari 5 tips sudah mencoba yg 4, namun baru tahu, nih, tips ttg Olga mata. Langsung dicoba, sangat membantu. Thanks for sharing, Ka.

  4. DI zaman sekarang, agak susah buat jauh dari gadget. Saya merasa terkena kecemasan berlebihan karena takut ketinggalan informasi. Cara 1,2, dan 4 sudah saya lakukan tinggal 3 dan 5. Nife info, thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *