Mempersiapkan Produk Memasuki Dunia Bisnis Online

produk

Mempersiapkan Produk Memasuki Dunia Bisnis Online-. Memasuki dunia bisnis online bukanlah hal yang mudah meskipun dunia digital siap membantu. Mengapa? karena persaingan yang ketat mengharuskan pebisnis berupaya lebih giat lagi agar produk yang dimilikinya mampu dikenal dipasaran.

Merancang Tampilan Produk

Jika kita bicara tentang produk pada bisnis, ini merupakan apa yang kita tawarkan pada siapa saja calon konsumen untuk dijual. Produk dalam hal ini bisa berupa produk yang kita hasilkan sendiri, atau produk yang sudah ada, dalam artian kita sebagai tangan kedua, ketiga atau bahkan reseller dari produk yang dihasilkan oleh orang atau perusahaan lain.

Saat bisnis online menjamur, sudah pasti saingan pasar bisnis semakin ketat. Oleh karena itu diperlukan cara yang tepat untuk menunjukkan pada konsumen bahwa produk yang kita jual adalah produk yang layak untuk mereka beli.

Salah satu upaya membuat produk yang kita jual terlihat berkelas dan layak untuk dibeli adalah dengan membuat tampilan produk menarik. Maka dari itu, pelaku usaha baik produsen maupun reseller sebaiknya merancang dengan baik desain produk yang akan mereka tawarkan.

Tips Merancang Tampilan Produk

Berikut tips untuk merancang tampilan produk :

1. Perhatikan Target Market

Target matket adalah siapa yang kita targetkan untuk membeli produk kita. Misalkan produk olahan susu, pastinya target market disini adalah ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil. Kemudian kita bisa juga membuat spesifikasi targetnya seperti daerah, umur, gendre, dan lain sebagainya.

Target market sangat berpengaruh karena desain yang akan kita buat sebaiknya sesuai dengan cara pandang target market kita, contohnya seorang ibu akan lebih suka desain yang terlihat menenangkan mata dan sedikit ceria sementara seorang kakek akan lebih suka tampilan yang klasik dengan warna yang terang, lain lagi tampilan yang disenangi remaja dan anak-anak.

Sebaiknya sebelum mebuat desain, kita mencari tau terlebih dahulu seperti apa tampilan yang disukai oleh targer market kita.

2. Pilihan Warna dan Font yang Menarik

Warna dan font yang menarik sangat penting bagi sebuah desain produk. Warna yang biasa dan font yang tidak cocok akan membuat tampilan produk tidak sesuai dengan harapan penjual. Dengan font dan warna yang menarik, tampilan akan terlihat lebih menarik. Dengan begitu, pelanggan akan tertarik untuk membeli produk tersebut dibandingkan pesaing yang ada di pasaran.

3. Desain Sederhana Namun Elegan

Seperti apasih desain yang sederhana namun elegan? sebenarnya contoh ini sudah banyak kita lihat dimedia-media sosial atau di media pembelanjaan online. Apalagi dizaman ini sudah sangat banyak iklan di setiap media yang ada. Oleh karena itu pada dasarnya untuk membuat desain yang sederhana namun elegan akan sangat mudah jika kita memiliki jiwa seni yang baik dan mampu membuka diri melihat contoh-contoh yang ada di pasaran. Namun jika kita tidak sanggup untuk membuatnya maka tidak ada salahnya jika kita membayar orang lain untuk melakukannya.

Menentukan Media Pemasaran Online

Media pemasaran online sangat banyak, kita tinggal menentukan media mana yang akan kita gunakan untuk berjualan di internet. Apakah kita akan memakai semua media? eitss… sebaiknya jangan terburu-buru memakai semua media untuk berbisnis karena media yang satu dengan yang lainnya memiliki kelebihan dan kekuarangan masing-masing. Oleh karena itu sebaiknya tentukanlah media yang akan kita pakai, namun jika bisnis sudah sangat besar dengan manajemen dan karyawan yang juga memadai, boleh-boleh saja kita menjelajahi semua media online.

Cara Menentukan Media Pemasaran yang Tepat

Karena belum tentu semua media bisa kita pakai untuk berbisnis online, ada baiknya kita memilih dengan tepat media yang baik bagi bisnis kita. Berikut cara menentukan media pemasaran yang tepat:

1. Pelajari Kelebihan dan Kekurangan Media

Kelebihan dan kekurangan media yang akan kita pakai sangat menentukan keberhasilan berbisnis di media tersebut. Kelebihan dan kekurangan ini juga harus disesuaikan dengan produk yang kita pasarkan. Contohnya ibu-ibu lebih suka menggunakan facebook dalam bermedia sosial, ini salah satu kelebihan jika produk yang kita jual memiliki target market seorang ibu rumah tangga. Sementara itu, misalnya shoope memiliki pesaing yang sangat banyak merupakan salah satu kelemahan bagi kita jika kita belum mempelajari algoritma yang ada pada shoope

2. Pelajari Cara Kerja Media

Ini juga sangat penting. Ada seorang pebisnis yang tidak pernah sukses berjualan di suatu media, hal tersebut bukan karena cara pemasarannya yang salah namun karena belum memahami konsep dari media tersebut sehingga menyebabkan strategi yang keliru. Oleh karena itu ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu cara kerja secara mendalam hingga strategi-strategi yang tepat digunakan dalam berbisnis di media target.

3. Survei Media yang Tepat

Survei sangat perlu dilakukan. Cobalah untuk mencari informasi produk terlaris dari suatu media, bagaimana cara pemasarannya hingga laris, serta perhatikan bagaimana profil penjual. Jika kita merasa sudah cocok pada media tersebut karena kita rasa kita mampu seperti para penjual yang kita survei, ini akan menjadi salah satu alasan untuk memilih atau tidak media tersebut.

Merancang Post Content Template

Apa itu post Content Template? sebenarnya sudah banyak sih pelaku bisnis menerapkan hal ini. Kerangka konten pos merupakan sebuah template yang sengaja dibuat untuk memposting seluruh produk. Biasanya digunakan di instagram baik untuk feed maupun story. Pelaku bisnis menyiapkan satu atau beberapa template yang akan dipakai untuk selurus postingan yang ada. Hal ini bertujuan untuk keseragaman desain posting, memudahkan pekerjaan saat akan memposting fhoto produk, postingan terlihat elegan dengan template yang sudah dirancang, dan membuat para pengunjung betah melihat template yang seragam. Seperti pada gambar berikut :

Kedua contoh di atas adalah dua akun instagram yang berbeda namun keduanya membuat template untuk memposting produknya.

Inovasi Cerdas

Inovasi dalam berbisnis pastinya penting karena persaingan yang sangat ketat. Tempe goreng yang satu jelas hanya akan sama dengan tempe goreng yang lainnya tanpa adanya inovasi. Si tempe akan menjadi laris jika pebisnis membuat inovasi tempe goreng dengan toping misalnya dan menamainya dengan nama yang unik pula. Awalnya masyarakat akan penasaran dengan nama si tempe dan produk olahannya yang berbeda, kemudian mencoba membeli untuk pertama kali. Nah jika rasa yang disediakan memang enak dan cocok bagi banyak kalangan, temple dengan ionovasi baru ini akan segera laris di pasaran.

Inovasi ini tentunya perlu untuk dirancang sedemikian rupa baik dalam segi bahasa, slogan, desain, dan lain sebagainya. Inovasi cerdas yang dibungkus dengan cara yang cerdas pula akan mendatangkan banyak keuntungan bagi pemiliknya.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *