Belajar SEO di Kelas Blogger Medan

Belajar Seo, kata-kata ini jika diketikkan di google Search atau di mesin pencari google, maka akan terlihat berada di urutan paling atas mesin pencari otomatis. Mengapa? mungkin jawabannya karena banyak orang yang ingin belajar seo. Untuk apa sih SEO dipelajari? Apa itu SEO? mengapa banyak orang yang ingin belajar SEO? Apakah SEO wajib dipelajari?. Baiklah, mari kita simak penjelasannya.

Belajar SEO bersama di komunitas Blogger Medan

Minggu siang menjelang sore, menghabiskan waktu di sebuah cafe di kota medan bersama teman-teman sesama blogger, rasanya menjadi suatu hal yang menyenangkan. Biasanya berusaha memahami mbah SEO secara mandiri dari beberapa artikel dan masukan dari teman senior blogger medan seperti guru seo atau mentor seo. Lain dengan hari ini, Blogger Medan mengadakan kelas belajar SEO bersama founder Medanwisata.com. Hal ini menjadi semangat tersendiri dan membantu pemahaman SEO lebih baik.

Beberapa hal yang dipelajari hari ini di kelas optimasi SEO, seperti teknik On Page dan Off Page, Google Search Console, Googgle Analytics, keyword, dan lain sebagainya. Mari kita bahas beberapa diantaranya ya kawan.

Apa itu SEO

SEO itu singkatan dari Search Angine Optimization. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia, kurang lebih artinya optimasi di mesin pencari google. Nah, jadi SEO itu merupakan upaya yang dilakukan oleh pemilik blog atau website untuk menjadi peringkat tertinggi pada mesin pencari google.

Website atau blog jumlahnya sangat banyak dengan berbagai fokus pembahasan atau biasa disebut niche blog yang berbeda-beda. Bisa kita bayangkan dengan banyaknya jumlah penulis di dunia blogging ini, apakah mungkin blog kita akan muncul di mesin pencari google saat seseorang mengetikkan sebuah informasi yang sedang dia cari?

Kemungkinan ini sangat kecil melihat banyaknya jumlah blog yang ada. Bisa saja blog kita malah sama sekali tidak terlihat di halaman hasil pencarian. Oleh karena itulah, teknik SEO hadir untuk mengoptimasi blog agar direkomendasikan oleh google search untuk dimunculkan dan dibaca oleh mereka yang membutuhkan tulisan kita.

Teknik On Page dan Off Page

Kedua teknik ini sangat populer di kalangan pembelajar SEO. Teknik On Page merupakan teknik optimasi yang dilakukan di dalam sebuah blog sedangkan teknik Off Page merupakan teknik optimasi yang dilakukan di luar blog.

Teknik On Page

Teknik ini terdiri dari beberapa hal yang dilakukan dari dalam blog agar blog direkomendasikan oleh google untuk pembaca. Teknik ini dipelajari beradasarkan algoritma yang dipakai google untuk memunculkan hasil pencarian berdasarkan relefansi yang diharapkan oleh pembaca. Kualitas tulisan akan menjadi salah satu hal yang diperhatikan agar pembaca mendapatkan info yang diharapkan. Berikut beberapa teknik On Page

Header Tags

Header Tags ini salah satu hal mendasar yang penting di dalam sebuah blog. Mesin pencari sangat memperhitungkan sebuah blog layak untuk dijadikan page one berdasarkan header tags yang dibuat di dalam blog tersebut. Oleh karena itu, agar SEO sebuah blog lebih baik, ada baiknya untuk memperhatikan header tags.

Title Tags

Title Tags atau tag judul halaman merupakan judul utama dari sebuah blog atau website. Pada dasarnya tag judul halaman akan ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Oleh sebab itu title tags ini sebaiknya seo frandly untuk oprimasi halaman yang lebih baik.

Meta Decription

Meta Decription adalah sebuah atribut yang memberikan penjelasan singkat atau ringkasan sebuah tulisan dalam blog, biasanya meta decription ditampilkan sebagai singkatan atau ringkasan tulisan yang terletak di bawah judul tulisan di mesin pencari.

Keyword

Keyword adalah hal paling penting dalam optimasi SEO on page. Untuk mencari keyword yang tepat kebanyakan para blogger yang ingin mengoptimasi blognya akan memakai beberapa teknik. Hal ini karena keyword yang tepat akan memebuat algoritma google search akan menemukan tulisan yang kita tuliskan di dalamnya keyword tersebut.

Internal dan Eksternal Link

Internal link merupakan link yang kita selipkan di sebuah tulisan blog, yang mana link itu mengarah ke dalam blog kita sendiri atau ke tulisan lain dalam blog kita sendiri. Sedangkan Eksternal link adalah link yang kita buat di dalam tulisan, yang mana link ini mengarah ke sebuah tulisan di dalam website lain.

konten

“Konten adalah raja”, yup benar sekali. Sebuah konten akan lebih optimal dan masuk kedalam kriteria mesin pencari jika konten tersebut berkualitas, tidak copy paste dari blog lain, dan isinya detail artinya semakin banyak pembahasan yang kita bahas secara terperinci, makan konten akan dianggap semakin baik.

ALT tags

Alt tags merupakan singkatan dari alternatif tags. Alt ini digunakan pada gambar di dalam postingan sebuah blog. Mengapa perlu menggunakan alt tags? perlu kita ketahui bahwa mesin pencari tidak bisa membaca gambar. Oleh karena itu alt tags kita pakai sebagai pengganti gambar untuk dibaca oleh mesin pencari. Jadi, jangan lupa membuat alt tags pada gambar postingan blog ya kawan.

Teknik Off Page

Teknik ini dilakukan oleh pemilik blog untuk mengoptimasi blognya namun berdasarkan hal-hal diluar blog. Misalnya dengan membagikan link tulisan di media sosial, meminta teman untuk membuka website, atau menggunakan teknik lainnya yang memungkinkan orang lain mengunjungi halaman blog.

Google Search Console

Selain kedua teknik di atas, Google Search Console menjadi hal yang perlu diperhatikan. Google Search Console akan membantu google untuk melakukan pengecekan website atau blog untuk diindeks di mesin pencari. Oleh karena itulah hal ini menjadi hal yang penting.

Baca juga Menyambut Hari Blogger Nasional

10 Replies to “Belajar SEO di Kelas Blogger Medan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *