Menjadi Blogger Sukses? Kenapa enggak.

Menjadi Blogger Sukses

Menjadi blogger sukses ternyata impian banyak orang. Apalagi bagi mereka yang suka menulis. Bagi sebagian kalangan menulis bisa membuat hidup terasa lebih bermakna. Nah, jika menjadi penulis yang menghasilkan kesuksesan lewat tulisan-tulisannya menjanjikan kesuksesan, kenapa enggak?. Salah satu wadah menulis yang paling populer adalah blog. Meskipun dewasa ini konten youtube sangat digandrungi, namun blog tetap tak lekang dihati pembaca.

Alasan Seseorang Ingin Menjadi Blogger Sukses

Tak dapat dipungkiri bahwa semua orang mendambakan kata-kata sukses, begitu pula blogger. Apa saja sih alasan seseorang ingin menjadi blogger yang sukses ?

1. Blogging Itu Pekerjaan yang Mudah

Ngeblog atau blogging bagi sebagian orang adalah hal yang mudah, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa terikat waktu. Bagi mereka yang senang menulis, ngeblog malah menjadi kebutuhan untuk menyalurkan ide dan inspirasi.

Selain mudah dilakukan, tersedia pula fasilitas yang lengkap untuk menjadi blogger. Seseorang bisa memiliki blog hanya dalam waktu beberapa menit saja, baik menggunakan blog berbayar atau gratisan. Ditambah lagi banyak penyedia layanan blog yang semakin hari semakin canggih. Penggunaannya pun dapat dipelajari di berbagai situs yang membahasnya.

Mudah kan? jadi kenapa enggak?

2. Blogging Sebagai Wadah Menyalurkan Ide Kreatif.

Konten kreatif dalam sebuah blog merupakan hasil gagasan dari ide-ide kreatif yang dimiliki seseorang. Bahkan banyak orang yang sukses menjadi blogger pada awalnya hanya iseng karena suka menuangkan ide kreatif dalam bentuk konten. Iseng-iseng berhadiah ahirnya hobi ini menjadi ladang kesuksesan yang menggiurkan.

Selain itu, dengan blogging seseorang terkadang menemukan ide baru. Jadi sebenarnya bukan ide yang didapat kemudian dituliskan saja diblog, terkadang ada saatnya malah keinginan mengisi blog itu sendiri mau tidak mau membuat seseorang mencari ide-ide baru yang membawanya pada pengetahuan baru.

3. Personal Branding & Ciptakan Peluang Baru

Berita baiknya, blog juga bisa ditekuni untuk menciptakan personal branding. Banyak orang sudah sukses melakukan hal ini. Semakin bagus personal branding yang kita ciptakan melalui blogging, maka akan semakin besar kemungkinan bagi kita untuk menciptakan peluang baru. Oleh karena itu, menjadi blogger yang sukses dengan personal brandingnya, mendatangkan banyak peluang yang menjanjikan.

Tapi tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk menciptakan personal branding dibutuhkan usaha yang sangat baik hingga banyak orang mengenal brand diri yang berusaha untuk diciptakan.

4. Blogging Menghasilkan Uang

Sebenarnya alasan ini yang sangat banyak digandrungi oleh para blogger meski masih ada orang yang murni ngeblok untuk berkreasi dan menyalurkan bakat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki blog yang profesional membutuhkan dana dan layak untuk mendapatkan hasil dari kerja keras yang dilakukan.

Berita gembira bagi para blogger bahwa untuk menghasilkan uang dari ngeblog peluangnya juga sangat besar baik melalui adsanse, personal branding, mentor, influencer, konten creator, dan lain sebagainya.

5. Blog Digunakan untuk Kelancaran Bisnis

Ibarat toko di dunia nyata, sebagian pebisnis juga menggunakan blog atau website untuk menunjang keberhasilan bisnisnya. Dengan adanya blog untuk bisnis, para pembaca akan lebih merasa dekat dengan produk yang ditawarkan. Selain itu, pelanggan juga akan lebih mudah untuk melihat-lihat produk sehingga kemungkin seseorang untuk membeli akan bertambah.

Hal-hal yang Diperlukan Untuk Menjadi Blogger Sukses.

Untuk menjadi blogger yang sukses pastinya dibutuhkan hal-hal tertentu seperti contoh berikut :

1. Blog yang Baik

Seperti rumah, maka blog ini adalah tempat kita meletakkan konten yang ingin dibagikan. Oleh karena itu blog menjadi dasar kesuksesan yang paling utama. Blog yang baik akan menghasilkan view yang baik pula. Nah seperti apa sih blog yang baik itu?

Tampilan yang Baik

Jawaban yang pertma adalah tampilan. Blog yang tampilannya nyaman dibaca akan membuat pengnjung menjadi betah berlama-lama berada di blog kita. Oleh karena itu sebaiknya kita membuat tampilan sebaik mungkin.

Tampilan Blog yang Baik Itu :

  • Tema yang ringan sehingga tidak membuat load yang lama saat akan menampilkannya. Jika tampilnya suatu halaman membutuhkan waktu yang lama, pembaca yang cenderung butuh informasi cepat akan meninggalkan blog kita dan beralih pada blog lain.
  • Responsif. Dewasa ini lebih banyak pembaca yang menggunakan smartphone untuk mengakses laman daripada pc dekstop. Bagi kamu yang belum tau apa itu responsif, responsif itu adalah kedaan dimana halaman blog akan mengikuti atau respon pada platform yang dipakai untuk membuka blog. Misalkan blog dibuka di smartphone maka seluruh isi blog menyesuaikan diri dengan besarnya smartphone yang dipakai. Jadi besar tulisan, gambar dan lain sebagainya akan ramah dibaca oleh pembaca tanpa ada yang berukuran terlalu kecil atau terlalu besar.
  • Sederhana. Tampilan yang sederhana sebenarnya cenderung lebih disukai pembaca daripada tampilan yang terlalu berlebihan. Oleh karena itu pilihlah tema yang tidak terlalu banyak warna. Sebaiknya munculkan widget yang perlu saja.

Loading Page yang Baik

Apa itu loading page? yup, waktu tunggu yang diperlukan oleh pengguna saat ingin membuka halaman blog hingga halaman tersebut benar-benar bisa dilihat secara keseluruhan. Loading page ini sangat berpengaruh pada performa blog. Semakin cepat loading page sebuah blog, maka akan semakin baik, karena para pengunjung akan dengan cepat dapat membaca dan menemukan informasi yang mereka butuhkan. Bayangkan, rata-rata pengguna smartphone akan meninggalkan sebuah halaman yang loading page nya di atas 3 detik.

Mempercepat loading page

  • Gunakan tema yang ringan. Seperti pembahasan kita di atas, bahwa tema yang sederhana dan ringan sangat diperlukan. Ini juga berpengaruh pada kecepatan loading page. Tema yang ringan akan mempercepat loading page
  • Pilih hosting yang handal. Tak dapat dipungkiri bahwa hosting juga sangat berpengaruh dengan loading page. Oleh karena itu kita perlu menyewa hosting yang handal dengan performa yang baik. Biasanya, blog yang menggunakan hosting gratisan atau dengan bandwith terbatas, siap-siap memiliki blog yang lelet. Maka tak dapat dipungkiri untuk memiliki blog yang baik, sewa hosting juga perlu dipertimbangkan.
  • Optimasi Gambar. Gambar yang besar akan mempengaruhi kecepatan loading page. Ada beberapa cara yang biasa digunakan oleh para blogger agar gambar yang dipublish di sebuah artikel tidak memperberat loading. Pertama, perkecil gambar sebelum dimasukkan ke artikel. Kedua, ada juga blogger yang memasukkan gambarnya pada website lain dengan artian si blogger menumpangkan gambarnya di hosting website lain. Ketiga, yaitu dengan menggunakan plugin seperti jetpack.

Konten yang Baik

Konten adalah raja, kata-kata yang tepat untuk seorang blogger. Konten yang baik akan membuat pengunjung tidak buru-buru meninggalkan blog karena banyak informasi yang dapat diambil. Hal ini juga akan membuat pengunjung akan datang kembali ke halaman kita saat membutuhkan informasi yang menurutnya mungkin ada pada halaman milik kita.

Selain bermanfaat untuk pengunjung, konten yang baik juga akan membuat halaman kita ramah SEO. Pada dasarnya Search Engine akan mengarahkan pembaca pada tulisan yang menurutnya baik dan layak untuk direkomendasikan.

Blogger Sukses Melakukan Hal-Hal berikut.

Apa saja sih hal-hal yang biasa dilakukan oleh para blogger ?

1. Rutin Menulis

Blogger sukses itu rutin menulis. Mengapa? karena blog yang biasanya ratingnya tinggi pada search engine tak lepas dari kerutinannya dalam mengisi blog dengan tulisan-tulisan. Contohnya, sebuah blog berada di page 1 saat pengunjung mengetikkan sebuah kata kunci. Jika penulis blog ini suatu saat malas menulis dan cukup lama tidak menulis di blognya, maka akan besar kemungkinan posisinya akan digantikan oleh blog lain hingga blognya akan turun posisi bahkan hilang dari page 1 saat pencarian. Hal ini akan menurunkan jumlah pengunjung karena pengunjung cenderung akan membuka blog yang ada pada page 1.

2. Belajar SEO

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization dewasa ini menjadi kebutuhan mendasar dalam kesuksesan seorang blogger. Mengapa tidak, semakin banyak jumlah blogger akan semakin banyak pula saingan blog untuk ditampilkan pada halaman pertama oleh search engine.

SEO berfungsi untuk memperkuat blog agar selalu berada pada tingkat paling atas saat pencarian yang dilakukan pengunjung sehingga kemungkinan untuk dikunjungi oleh banyak orang juga semakin besar. Hal ini menyebabkan banyak para pebisnis maupun blogger berlomba-lomba mempelajari teknik SEO.

3. Rajin Mempelajari Hal-hal yang Berkaitan dengan Kesuksesan Blogging

Blogger yang sukses itu rajin belajar. Bagaimana tidak, teknologi semakin pesat berkembang hingga seorang blogger harus terus up to date akan info-info terbaru apalagi yang berkaitan dengan kesuksesan blog yang dibangunnya.

Rajin belajar akan hal-hal baru berlandaskan pada niat dan kemauan yang keras. Jika niat dan kemauan seseorang cukup keras, maka akan dengan sedirinya ia menjadi rajin untuk mempelajari dan melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, perlu diluruskan kembali niat dan kesungguhan sebagai blogger.

Sekian dulu ya sobat, semoga bermanfaat.

Recommended Articles

2 Comments

  1. Selamat datang blogger sukses, dimulai dari membuat postingan ni ya kan..

    1. Amiiin, Hihi.. bisa ajalah bang wahyu, masih pemula ini bang. Masih berguru sama abang yang udah sukses duluan. Mohon bimbingannya suhu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *